KJNI Jakarta dan ILUNI Menwa UI Meriahkan Acara Jalan Sehat Nusantara Lemhannas di GBK

- Jumat, 17 Maret 2023 | 21:31 WIB
Acara
Acara

Ribuan peserta dari berbagai kalangan masyarakat bersama Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI Menwa UI) dan Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta memeriahkan Acara "Jalan Sehat Nusantara IKAL-Lemhannas". Acara digelar di Plaza Parkir Timur, Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Ahad, 12 Maret 2023.

Jalan sehat dalam rangka pembukaan rangkaian kegiatan Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL-Lemhannas) itu dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Pelepasan peserta dilakukan langsung oleh Jenderal TNI (Purn.) DR. Agum Gumelar selaku Ketua IKAL-Lemhannas.

Agum didampingi oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, S.E., M.M., Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D. dan perwakilan KJNI serta ILUNI Menwa UI. Kegiatan jalan sehat ini dilakukan dengan menyusuri area sekitar Gelora Bung Karno (GBK). 

Para peserta jalan sehat termasuk komunitas nordik pun tampak sangat bersemangat dan antusias. Kegiatan yang menempuh jarak sekitar 5 kilometer ini diikuti oleh pengurus ILUNI Menwa UI, Dia Adrian Syah, S.T., penggagas nordik di Indonesia, Sumartoyo, M.S.M., D.B.A. dan didampingi Ketua Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta, David Chandrawan, S.T., M.M. yang juga merupakan pengusaha kuliner kopi dan eksekutif muda di salah satu bank swasta nasional buku IV terbesar di Indonesia. 

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki 10 Ribu Langkah: Bisa Kurangi Stres hingga Cegah Risiko Depresi

Jend. TNI (Purn) DR. Agum Gumelar Berterima Kasih 

Jend. TNI (Purn) DR. Agum Gumelar mengapresiasi penyelenggaraan dan peserta jalan sehat nusantara, termasuk kepada KJNI Jakarta dan ILUNI Menwa UI.  Menurutnya, jalan sehat nusantara ini dapat menjadi sarana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. 

"Kegiatan ini menjadi forum bersosialisasi, bersilaturahmi sekaligus meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat pecinta jalan sehat," jelasnya.

Heru Budi Hartono selaku plt. gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto, S. Sos., M.Sc., Ph.D. kompak mengatakan, kegiatan positif semacam jalan sehat ini patut terus didukung. Dan, lanjutnya, diharapkan dapat digelar kembali dengan penyajian acara yang lebih baik.

"Harapan saya, tahun depan diadakan lagi dan bisa lebih baik dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak," katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan ILUNI Menwa UI yang mengikuti kegiatan, Dia Adrian Syah. S.T. dan David Chandrawan, S.T., M.M. pun menambahkan, kegiatan meramaikan jalan sehat nusantara merupakan kolaborasi antara ILUNI Menwa UI dan Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta. Dan, lanjutnya, ini merupakan perwujudan kepedulian anggota ILUNI Menwa UI terhadap perlunya menjaga kebugaran dan kesehatan diri.

Perwakilan lainnya yaitu Ketua Pembina Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI), Ir. Sumartoyo, M.S.M., D.B.A. juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Khususnya, Lemhannas atas keikutsertaan KJNI Jakarta dan ILUNI Menwa UI akan kegiatan ini.

"Bangun jiwanya, bangun raganya, kita harus senantiasa berolah raga untuk kebugaran dan kesehatan kita," paparnya.

Jalan sehat nusantara ini juga dimeriahkan dengan kegiatan bazar UMKM serta ratusan hadiah door prize mencapai total nilai 1 Miliar. Seperti, motor, sepeda, TV hingga alat elektronik lainnya.

Apa Itu Jalan Nordik? 

Untuk diketahui, "nordic walking" atau jalan nordik adalah olah raga berjalan kaki yang menggunakan dua tongkat ski. Olah raga yang populer di Skandinavia dan bagian lain Eropa ini menawarkan berjalan kaki yang dapat memberi stimulasi efektif terhadap struktur tubuh agar lebih sehat.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X