The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

UEFA Tolak Permintaan Jerman yang Ingin Buat Allianz Arena Berwarna Pelangi
Allianz Arena bakal menggelar laga Jerman vs Hungaria (REUTERS/Andreas Gebert).
Soccer

UEFA Tolak Permintaan Jerman yang Ingin Buat Allianz Arena Berwarna Pelangi

Dukung LGBT.

Rabu, 23 Juni 2021 07:41 WIB 23 Juni 2021, 07:41 WIB

INDOZONE.ID - UEFA memutuskan untuk memblokir tampilan pelangi di stadion beberapa hari setelah penyelidikan yang dilakukan kepada Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer di Euro 2020. 

Jerman sebelumnya sempat meminta agar Stadion Allianz Arena yang menggelar pertandingan Jerman melawan Hungaria diterangi dengan warna pelangi. 

UEFA menolak permintaan tersebut 'mengingat konteks politik'. Allianz Arena di Munich akan dilarang menampilkan iluminasi pelangi untuk pertandingan grup terakhir Euro 2020 Jerman melawan Hungaria pada hari Rabu.

Baca Juga: UEFA Disebut Menentang Rencana Jerman Hiasi Allianz Arena dengan Lampu Pelangi Pro LGBT

Dilansir dari Daily Star, Badan sepak bola Eropa itu telah memberi tahu otoritas Jerman tentang keputusannya untuk menolak permintaan mereka karena “konteks politiknya.”

Putusan itu muncul setelah UEFA membuka penyelidikan terhadap kiper Jerman Manuel Neuer karena mengenakan ban lengan pelangi dalam solidaritas dengan komunitas LGBT. 

Der Panzer kini ada di peringkat kedua klasemen sementara Grup F menjelang bentrokan mereka dengan Hungaria. Negara tersebut sebelumnya diketahui mengesahkan undang-undang yang melarang konten LGBT di sekolah dan di televisi anak-anak.

Walikota Munich Dieter Reiter telah meminta untuk menyalakan Allianz Arena dengan warna pelangi untuk pertarungan tengah pekan, tetapi UEFA menolak

“Rasisme, homofobia, seksisme, dan semua bentuk diskriminasi adalah noda di masyarakat kita dan mewakili satu dari masalah terbesar yang dihadapi oleh permainan saat ini," tulis pernyataan resmi UEFA.

“Perilaku diskriminatif telah merusak pertandingan itu sendiri dan, di luar stadion, wacana online seputar olahraga yang kita cintai.

“Namun UEFA, melalui undang-undangnya, adalah organisasi yang netral secara politik dan agama. Mengingat konteks politik dari permintaan khusus ini dan sebuah pesan yang ditujukan pada keputusan yang diambil oleh parlemen nasional Hungaria UEFA harus menolak permintaan ini.”

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US