IIHS Lakukan Tes Unik untuk Tes Kewaspadaan Pengemudi Mobil, Simak Selengkapnya!

- Kamis, 4 Maret 2021 | 16:17 WIB
Tampilan uji tes unik dari IIHS. (photo/Dok. Fox News via IIHS)
Tampilan uji tes unik dari IIHS. (photo/Dok. Fox News via IIHS)

Pihak IIHS atau Insurance Institute for Highway Safety telah menerapkan cara baru yang unik untuk cari tahu apa yang diperhatikan pengemudi saat melaju di jalanan. Mereka menukan metode untuk menentukan bagaimana secara menyeluruh pengemudi menggunakan sebagian-otomatis jalur-menjaga sistem sedang memantau jalanan di depan tegap raksasa merah muda boneka beruang mengenakan visibilitas jaket tinggi ke belakang mobil. 

Alat bantu elektronik dapat menyetir secara sendiri mobil di dalam jalur dan mengontrol kecepatannya, tetapi semua itu mengharuskan para pengemudi untuk siap mengambil alhi dalam waktu sedetik. Kebanyakan kasus, pengemudi harus memegang kemudi untuk membuktikan bahwa mereka memperhatikan, tetapi GM Super Cruise menggunakan sistem pengenalan wajah dan memungkinkan pengemudi untuk melepaskan tangan mereka sepenuhnya saat sedang beroperasi. 

IIHS sendiri telah mengirimkan tiga kelompok pengemudi ke jalan raya di belakang kemudi Mercedes-Benz C300 dengan bantuan penjaga aktif. Dimana, seseorang mempunyai pengalaman dengan jenis sistem ini dan menggunakannya, yang lain menggunakannya untuk pertama kali dan yang ketiga tidak pernah menggunakannya dan membiarkannya mati. 

Masing-masing dari 31 pengemudi kemudian menabrak I-70 di Maryland selama satu jam, di mana mobil dengan beruang itu melaju ke pandangan mereka sebanyak 3 kali, masing-masing 30 detik. Setelah selesai, pengemudi ditanya apakah mereka melihat sesuatu yang tidak biasa dalam perjalanan mereka. 

Hampir semua pengemudi dengan pengalaman sistem memperhatikan beruang itu dan lebih cenderung mengingat berapa kali beruang itu lewat sementara pemula paling tidak mungkin melaporkan melihatnya sama sekali. Kamera yang dipasangkan di mobil menemukan pengemudi berpengalaman memindai lebih banyak jalan daripada hanya melihat lurus ke depan, menunjukkan bahwa ketidaktahuan dengan sistem di antara pemula mengurangi kesadaran situasional mereka. 

IIHS sendiri mencatat bahwa tes itu melibatkan sampel kecil dan tidak menyimpulkan apa pun, tetapi menawarkan wawasan tambahan tentang bagaimana pengemudi berinteraksi dengan teknologi. 

Ini juga mencatat bahwa ada banyak contoh di dunia nyata dari pengemudi yang terlalu mengandalkan kemampuan terbatas dari sistem dan mengalami kecelakaan ketika mengalihkan pandangan mereka dari jalan sepenuhnya untuk memakai perangkat genggam atau mengoperasikan kontrol di dalam kendaraan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X