Menilik Cara Pemasangan USB Charger di Sepeda Motor
Ilustrasi pasang USB charger di motor (Istimewa).
Otomotif

Menilik Cara Pemasangan USB Charger di Sepeda Motor

Gampang, dan gak ribet.

Rabu, 26 Februari 2020 21:09 WIB 26 Februari 2020, 21:09 WIB

INDOZONE.ID - Hampir sebagian besar orang saat ini tak bisa lepas dari telepon genggam mereka. Itu sebabnya mereka selalu dibekali dengan power bank, untuk mengantisipasi bila HP mereka mati. Menjawab ini, beberapa motor sudah dilangkapi dengan fitur power outlet atau charger bawaan pabrik yang tentunya aman.

Lalu bagaimana dengan motor yang belum memiliki charger? Apakah pemasangan manual bisa dilakukan dan aman bagi motor? Pemilik Workshop Asia Jaya, Wira Santosa, mengatakan pemasangan charger bisa dilakukan sejauh itu dilakukan dengan benar agar tidak mengganggu kelistrikan motor.

"Motor yang belum punya charger bisa memasang charger aftermarket. Akan tetapi, pemasangannya harus disertai dengan tambahan sekring sehingga kalau ada masalah tidak terjadi konsleting," kata Wira kepada Indozone, Rabu (26/2/2020).

Terkait hubungannya dengan Aki, Wira menjelaskan untuk charger USB tidak akan mengganggu aki, apalagi sampai membuatnya tekor, selain karena arus yang dibutuhkan kecil. Akan tetapi, untuk mengantisipasi itu sebaiknya pengecasan dilakukan saat motor dalam kondisi hidup.

"Kalau ganggu aki motor tentu tidak. Aki nggak bakal tekor yang penting pengecasan saat mesin hidup," tambahnya.

Untuk pemasangan sendiri harus dilakukan dengan teliti agar kabel yang dipakai benar-benar kuat dan tidak kendur. Itu karena bisa gunakan soket jepit sehingga lebih aman. Pemilihan ruangan juga tentunya harus dilihat agar mudah diakses, sehingga tidak mengganggu saat berkendara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ivanrida
Wilfridus Kolo
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU