Facebook Tutup Sejumlah Akun dari Rusia dan Negara Lainnya

- Jumat, 26 Juli 2019 | 11:06 WIB
photo/REUTERS/Dado Ruvic
photo/REUTERS/Dado Ruvic

Facebook Inc pada Kamis (25/7), mengatakan pihaknya telah menghapus sejumlah akun dari Rusia, Ukraina, Thailand dan Honduras dari platform jejaring sosialnya. Hal ini, menurut perusahaan, merupakan bagian dari langkah perusahaan untuk melawan 'aksi tipu terkoordinasi'.

Pertimbangan Facebook menyingkirkan sejumlah halaman, grup, dan akun di platform jejaring sosialnya tidak hanya berdasarkan pada konten yang diunggah dari empat negara tersebut, tetapi juga termasuk aktivitas yang dinilai mencurigakan.

Facebook telah menindak akun-akun seperti itu secara global setelah dihujani kecaman lantaran tidak segera mengembangkan alat untuk melawan materi bersifat garis keras dan operasi propaganda. 

Menurut laporan, secara akumulatif Facebook menyingkirkan 294 akun dan menutup 1.509 halaman dan grup di keempat negara tersebut.

"Dalam setiap kasus ini, orang-orang di balik aktivitas ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk menyamarkan diri mereka sendiri," kata Kepala Kebijakan Keamanan Siber, Nathaniel Gleicher, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (26/7).

Nathaniel mengatakan, perusahaan tidak ingin layanannya dimanfaatkan untuk memanipulasi orang-orang."

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X