Deretan Penghargaan Bergengsi Sutopo di BNPB

- Senin, 8 Juli 2019 | 07:21 WIB
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho(Antara/Zabur Karuru).
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho(Antara/Zabur Karuru).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, meninggal dunia di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer, Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019). 

Sutopo berpulang ke Rahmatullah setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru stadium 4B yang diderita, sejak akhir 2017. Dia menghembuskan nafas terakhirnya pukul 02.20 waktu Guangzhou, atau sekitar 01.20 WIB. 

Sutopo meninggalkan Tanah Air untuk berobat di Guangzhou sejak 15 Juni 2019. Menurut dokter, waktu pengobatan akan memakan waktu 30 hari. 

Akan tetapi, pengobatan belum tuntas karena Sutopo sudah wafat. Informasi terakhir menyebutkan, kanker yang dideritanya telah menyebar ke otak, tulang, dan beberapa organ vital tubuh lainnya.

Sepanjang hidupnya, Sutopo dikenal sebagai sosok pekerja keras dan berintegritas. Kegigihan tak ayal membuatnya banyak mendapat apresiasi. Berikut ini setidaknya 11 deretan penghargaan bergengsi yang pernah diraih Sutopo. Berikut penjabarannya. 

  1. Communicator of the Year 2018 dari dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). 
  2. Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dari Kominfo dan ISKI. Penghargaan ini didedikasikan untuk para pekerja kemanusiaan. 
  3. The First Responders dari The Straits Times. Penghargaan itu diberikan kepada sekelompok orang yang berani mengambil risiko dalam menyelamatkan nyawa ketika bencana alam melanda di kawasan Asia.
  4. Tokoh Teladan Anti-Hoax Indonesia 2018 dari Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo). Sutopo mendapatkan itu karena dinilai selalu menjadi yang terdepan dalam memverifikasi kebenaran berita bencana.
  5. IAGI Awards 2018 Bidang Komunikasi Bencana Alam dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia.
  6. Outstanding Spokesperson of the Year 2018 dari Jakarta Foreign Correspondents Club.
  7. Anugerah Perhumas 2018 Kategori Humas Pemerintah dari Perhumas Indonesia.
  8. The Most Inspirational ASN 2018 dari KemenPANRB. Sutopo menjadi pegawai negeri sipil (PNS) Inspiratif Terfavorit dari KemenPANRB tahun 2018.
  9. 5 Terbaik PNS Inspiratif 2018 dari KemenPANRB.
  10. 10 Terbaik Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan 2018 dari KemenPANRB.
  11. Human Initiative Award 2018 dari Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X