WHO: Bukan Hanya Virus Corona, Penyakit Lain Juga Perlu Diwaspadai

- Kamis, 30 April 2020 | 20:57 WIB
Logo World Health Organization (WHO). 9REUTERS/File Photo)
Logo World Health Organization (WHO). 9REUTERS/File Photo)

Pandemi virus corona tengah menjadi fokus bagi masyarakat di dunia. Wajar saja, Covid-19 telah 3.212.262 kasus, dengan angka kematian 228.292 jiwa, dari data John Hopkins University, Kamis (30/4/2020).

Berbagai negara dan kelompok melakukn penelitian untuk menemukan obat dan vaksin virus corona. Covid-19 masih dianggap misterius, menyita perhatian publik.

Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Eropa memperingatkan bukan hanya virus corona saja yang harus diwaspadai, tapi juga penyakit lainnya. Program vaksinasi harus tetap menjadi prioritas bahkan selama pandemi Covid-19.

"Layanan imunisasi sangat penting. Jika telah terganggu, langkah untuk mengatasinya harus diambil secepat mungkin, kata Direktur Regional untuk Eropa Hans Kluge, seperti diwartakan Reuters.

"Kami tidak mengingnkan dampak dari Covid-19 membuat pihak tertentu jadi mengabaikan tindakan perlindungan kesehatan vital lainnya," tambah Dr Kluge.

-
Ilustrasi vaksin.(freepik)

Campak Mendadak Muncul

Tak hanya virus corona, wabah campak juga dikabarkan terjadi di beberapa negara di Eropa. Akibatnya, 6.000 orang melaporkan terkena campak.

"Imunisasi tidak pernah menjadi lebih penting," ujar Dr Siddhartha Datta, manajer program untuk penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin dan imunisasi di WHO Europe.

"Campak dan penyakit menular lainnya sangat banyak di sini. Kita juga harus mencegahnya sekarang," Dr Datta menambahkan.

Untuk tujuan ini, WHO meminta suatu negara harus bisa mengatur sistem kesehatan secara paralel, antara penyakit lain dan perawatan untuk virus corona.

"Dual-Track sistem kesehatan dapat menawarkan fleksibilitas dan ketahanan yang diperlukan untuk mengelola infeksi virus dan meningkatnya permintaan untuk layanan lainnya," tambahnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X