Wakil Walikota Jakbar Jamin Kebutuhan Pengungsi Suaka di Kalideres

- Selasa, 16 Juli 2019 | 10:28 WIB
Antara/Astrid Faidlatul Habibah
Antara/Astrid Faidlatul Habibah

Wakil Walikota Jakarta Barat, Muhammad Zen mengatakan pihaknya akan menjamin seluruh kebutuhan para pengungsi suaka yang saat ini menempati gedung bekas Komando Militer, Kalideres, Jakarta Barat. Ada berbagai kebutuhan logistik seperti makanan, minuman, air bersih, hingga tim medis, serta obat-obatan untuk kesehatan yang akan disediakan oleh pemerintah setempat.

Dinas Sosial dan Suku Dinas Sosial Jakbar juga bakal membantu menyediakan makanan dua kali sehari siang dan malam. Saat ini, pihaknya tengah mendata jumlah ibu hamil, bayi, balita, hingga lansia karena menurutnya pengungsi tersebut membutuhkan penanganan khusus.

Fasilitas lainnya yang perlu diperhatikan adalah mushala. Hal itu dikarenakan ketika ia memantau tempat tersebut sajadah yang disediakan sangat sedikit. "Logistik lain cukup ya saya kira. Hanya saja ini sajadah kenapa sangat sedikit. Saya yakin para pengungsi pada ibadah. Nanti saya akan utus Lurah Kalideres untuk memperhatikan hal tersebut," ujar Zen.

Zen juga menginstruksikan kepada Lurah Kalideres Muhammad Fahmy untuk melepas semua spanduk penolakan terhadap keberadaan pengungsi suaka di gedung bekas Komando Militer (Kodim) Kalideres, Jakarta Barat (16/7/19).

Ia mengatakan warga seharusnya bisa memahami kondisi para pengungsi. "Mereka juga kan enggak mau kayak gini nasibnya. Ini tugas kita, sama-sama manusia kita harus bantu," ujarnya.

"Ya mohon lah pada warga yang menolak untuk pengertiannya, kepeduliannya, ini memang kita sesama umat manusia harus saling membantu. Ini peluang kita untuk memberikan kebaikan kepada sesama," lanjutnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X