Respons Kemenkeu soal Temuan Transaksi Rp300 Triliun yang Diungkap Mahfud MD

- Rabu, 8 Maret 2023 | 16:37 WIB
Ilustrasi transaksi uang. (Istimewa)
Ilustrasi transaksi uang. (Istimewa)

Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Awan Murmawan Nuh mengaku pihaknya belum mendapatkan informasi soal adanya transaksi sebesar Rp300 triliun di lingkungan Kemenkeu yang diungkapkan Menko Polhukam Mahfud MD.

“Sampai saat ini kami khusunya Irjen belum  tahu tapi belum menerima infomaisnya seperit apa, nanti akan kami cek,” kata Awan Murmawan Nuh dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (8/3/2023). 

Baca Juga: Soal Transaksi Rp300 T, PPATK Sudah Serahkan ke Kemenkeu

Awan mengaku mengetahui informasi soal transaksi bernilai fantastis tersebut dari pemberitaan media. Ia berjanji akan mengecek informasi yang disampaikan Mahfud MD. 

“Masalah itu memang kita sudah tahu di pemberitaan tapi nanti akan kami cek,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Bea Cukai Askolani menyatakan bahwa Irjen Kemenkeu akan segera berkoordinasi dengan Mahfud MD terkait transaksi Rp300 triliun. 

“Tentunya infonya basisnya adalah dari PPATK, dari hal itu perlu koordinasi, info itukan belum diterima Itjen pasti nanti akan dikomunikasi dengan Menko Polhukam,” ungkapnya. 

Baca Juga: Sudah Dipecat sebagai ASN, Rafael Alun Juga Tak Dapat Dana Pensiun

Menurut Askolani, pihak Irjen Kemenkeu juga bakal mengklarifikasi temuan tersebut ke PPATK. Tujuannya untuk membedah informasi yang disampaikan Mahfud MD. 

“Kemunginan Irjen juga akan klarifikasi ke PPATK untuk melihat dan mendapatkan langsung dan membedah info yang disampaikan, itu akan segera dilakukan Itjen,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana menyatakan, pihaknya telah melaporkan ke Kemenkeu soal adanya transaksi jumbo yang diungkap Mahfud MD senilai Rp 300 triliun.

“Sudah kami serahkan ke Kemenkeu sejak 2009 sampai dengan 2023,” kata Ivan saat dikonfirmasi, Rabu (8/3/2023).

Temuan Mahfud

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan adanya temuan transaksi mencurigakan di lingkungan Kementerian Keuangan senilai Rp300 triliun.

"Saya sudah dapat laporan terbaru tadi pagi, malah ada pergerakan mencurigakan senilai Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan yang sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai," kata Mahfud MD di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta sebagaimana dilansir Antara, Rabu (8/3/2023).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X