Tinjau Pasar Kramat Jati, Anies: Stok Pangan Jelang Lebaran Aman, Ada Penurunan Harga Juga

- Rabu, 27 April 2022 | 11:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Kramat Jati. (Dok. Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Kramat Jati. (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau ketersediaan stok pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Ia didampingi oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan DKI Jakarta

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, jumlah komoditas pangan strategis, seperti beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam dipastikan aman.

Kemudian bahan pangan lainnya, cabe keriting, cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, gula pasir dan minyak goreng juga dalam kondisi yang sama.

“Barusan tadi meninjau ketersediaan pangan menjelang lebaran di Pasar Induk Kramat Jati. Hasil peninjauan kali ini  terbukti bahwa kondisi ketersediaan komoditas pangan di Jakarta tercukupi," ucapnya, Rabu (27/4/2022).

"Ada penurunan harga juga untuk beberapa komoditas. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi pangan di Jakarta aman 5 hari menjelang Hari Raya Idulfitri,” tambah Anies.

Baca juga: 'Atlet Terseksi Dunia' Alica Schmidt Pamer Foto di Pantai Bali sebelum Ikut Kamp Pelatihan

Adapun penurunan harga pangan terjadi pada komoditas cabe merah keriting (12,96%), cabe merah TW (1,03%), cabe rawit merah (27,77%) dan bawang merah (0,90%). Selain itu, harga terpantau stabil untuk komoditas beras, daging sapi, telur ayam, gula pasir dan LPG 3 kg.

Sekadar diketahui, masyarakat dapat memantau harga pangan setiap hari melalui Info Pangan Jakarta (IPJ) atau fitur JakPangan di aplikasi JAKI. Info Pangan Jakarta memberikan informasi perkembangan harga pangan harian terhadap 37 komoditas dari 48 lokasi pasar.

Selain itu, adapula website PT Food Station (www.foodstation.id) yang memberikan informasi tentang perkembangan harga beras dan stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X