Mayoritas DPW NasDem Usulkan Anies dan Ganjar sebagai Capres

- Kamis, 16 Juni 2022 | 15:23 WIB
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Instagram/aniesbaswedan/ganjar_pranowo)
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Instagram/aniesbaswedan/ganjar_pranowo)

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nampak paling banyak diusulkan menjadi calon presiden oleh DPW Partai NasDem di dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Kamis (16/6/2022).

Dalam Rakernas, semua DPW memberikan nama yang dianggap tepat untuk diusung sebagai calon presiden. Kemudian dalam sidang pleno terbuka muncul nama Anies dan Ganjar.

Total ada 32 DPW yang hadir dalam Rakernas mengusulkan agar Anies Baswedan sebagai calon presiden. Lalu 29 DPW memilih Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi calon presiden.

Ada pula nama-nama dari luar partai politik seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Andika Perkasa, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman.

Selain itu sejumlah DPW NasDem turut mengusulkan nama kader internal sendiri agar diusung sebagai capres 2024. Seperti Viktor Laiskodat, Siswono Yudo Husodo, Syahrul Yasin Limpo, Rachmad Gobel dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Baca Juga: Diusung DPW NasDem Jadi Capres, Ganjar: Terima Kasih, tapi Saya PDI Perjuangan!

Sebelumnya diketahui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengharapkan dalam Rakernas ini seluruh kader dapat menyampaikan aspirasinya guna memilih calon-calon pemimpin nasional untuk ajang Pilpres 2024.

“Rakernas ini saya berharap seluruh aspirasi yang ada pada diri saudara di dalam keinginan untuk memilih calon-calon pemimpin nasional, yang ada di negeri ini untuk Pada tahapan Pemilu yang akan kita masukin pada tahun 2024,” kata Surya Paloh saat membuka Rakernas, JCC Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Surya Paloh menambahkan, setelah nantinya para kader menyampaikan aspirasi kepada DPW NasDem. Kemudian DPW menyerahkan nama calon pemimpinan yang dianggap layak untuk menjadi calon presiden ke DPP.

Setelahnya, kata Surya Paloh, DPP meyaring nama-nama dari DPW menjadi tiga sosok saja. Barulah dari DPP menyerahkan nama tiga orang itu ke Surya Paloh.

“Maka dengan mencalonkan beberapa nama nanti akan berproses menjadi 3 nama dan akan kita harapkan mendapatkan rekomendasi dari kertas ini yang akan ditujukan kepada saya sebagai pucuk pimpinan partai ini,” tutur Surya Paloh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X