Ketua DPR: Gratiskan Pemeriksaan dan Tes Spesimen Suspect Corona

- Senin, 16 Maret 2020 | 10:32 WIB
Ketua DPR RI periode 2019-2024, Puan Maharani. (ANTARA/Galih Pradipta)
Ketua DPR RI periode 2019-2024, Puan Maharani. (ANTARA/Galih Pradipta)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mendesak pemerintah untuk meningkatkan upaya penanggulangan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Salah satunya memberi fasilitas gratis pengobatan untuk pemeriksaan dan tes spesimen bagi suspek corona.

"DPR meminta pemerintah segera meningkatkan dukungan yang diperlukan bagi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk penanganan corona termasuk menggratiskan biaya pengobatan dan  biaya tes spesimen, bagi mereka yang terpapar Corona," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Senin (16/3/2020).

-
Ilustrasi (Unsplash.com/Lucas Vasques)

Menurutnya, pemerintah juga harus mendistribusikan alat penapasan dan uji sampel ke daerah-daerah, tidak hanya terpusat di Balitbang Kementerian Kesehatan.

Puan mengatakan berkaca pada fenomena ini perlu segera diperkuat regulasi tentang wabah penyakit khususnya revisi terhadap UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular sehingga memberikan landasan hukum yang cukup bagi pemerintah dalam mengambil tindakan pencegahan dan penanganan wabah penyakit secara efektif.

"DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non- alam sehingga respons atas peristiwa ini menggunakan langkah-langkah tanggap darurat bencana nasional yang dikoordinir oleh BNPB," jelasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X