Jokowi Pakai Baju Adat Sasak dalam Pidato Kenegaraan
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (ANTARA/Sigid Kurniawan).
News

Jokowi Pakai Baju Adat Sasak dalam Pidato Kenegaraan

Baju daerah mana itu?

Ivanrida
Jumat, 16 Agustus 2019 10:50 WIB 16 Agustus 2019, 10:50 WIB

Presiden Joko Widodo menggunakan kostum adat daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika Pidato Kenegaraan dalam sidang bersama DPR-DPD, di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). 

Jokowi mengenakan setelan baju adat berwarna emas dari Suku Sasak, NTB. Pakaian yang dipakai mantan Gubernur DKI Jakarta itu lengkap dengan tutup kepala yang disebut sapuk. Sebilah keris pun disisipkan di dada Jokowi sebagai pelengkap pakaian adat tersebut. 

Jokowi tidak sendirian mengenakan pakaian nonformal dalam Sidang Bersama DPR-DPD. Ibu Negara, Iriana Widodo pun mengenakan baju kurung berwarna putih, plus baluran selempang kain batik bermotif coklat dengan rambut yang disanggul.

Pakaian yang dikenakan Jokowi saat ini, berbeda dengan yang dipakainya pada Sidang Tahunan MPR. Ketika itu dia memakai setelan formal berupa jas berwarna biru tua dan peci hitam. 

Sidang Bersama DPD-DPR itu dimulai dengan pidato Ketua DPD, Oesman Sapta Odang. Jokowi kemudian memaparkan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 RI.

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Ivanrida

    Editor