Kabut Asap, Harga Ikan Laut Naik

- Jumat, 20 September 2019 | 14:02 WIB
Kenaikan harga ikan laut di Pasar Impres Lhokseumawe, Aceh. (Antara/Rahmad)
Kenaikan harga ikan laut di Pasar Impres Lhokseumawe, Aceh. (Antara/Rahmad)

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menyelimuti sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, kendati secara garis besar kebakaran sudah padam. Seperti di Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengatakan karhutla di Aceh Barat sudah padam. Namun, kabut asap masih menyelimuti Aceh karena sebagian besar di daerah Sumatera bagian selatan dan timur masih terjadi karhutla.

"Pemerintah daerah saat ini masih tetap siaga dengan status darurat kabut asap, karena karhulta masih terjadi di sejumlah daerah di luar Provinsi Aceh," katanya.

Salah satu dampak yang dirasakan dari adanya karhutla dan kabut asap di wilayah Aceh adalah, nelayan tidak berani melaut karena pekatnya asap. Akibatnya, harga komoditas perikanan naik.

Misalnya harga ikan laut, yang sejak lima terakhir naik mencapai 15 hingga 20 persen. Kenaikan harga ini terjadi di Pasar Impres Lhokseumawe, Aceh.

Kendati kebakaran telah padam, Bupati Aceh Barat berharap petugas terus melakukan pemantauan ke sejumlah lokasi yang rawan terjadi kebakaran.

"Dengan pencegahan secara dini, karhutla dapat segera teratasi," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X