Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tak Panik Pasca Masuknya Omicron ke Indonesia

- Kamis, 16 Desember 2021 | 19:22 WIB
Tangkap layar pernyataan Presiden Joko Widodo dalam video di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (16/12/2021). (photo/ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Tangkap layar pernyataan Presiden Joko Widodo dalam video di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (16/12/2021). (photo/ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk tidak panik setelah pengumuman adanya virus COVID-19 varian Omicron (B.1.1.529) di Indonesia.

"Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik," kata Presiden Jokowi, Kamis (16/12) dikutip dari ANTARA.

Seperti yang diketahui, pada hari ini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan kasus pertama COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

Kasus Omicron tersebut ditemukan pada seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet yang berawal dari temuan tiga pekerja di lokasi tersebut terdeteksi positif COVID-19.

Baca juga: Gagal Tangani Penyabaran COVID-19, Presiden Korsel Minta maaf ke Masyarakat

"Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien-pasien yang sudah mendapatkan vaksin," tambah Presiden.

Presiden Jokowi pun meminta agar masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk divaksin.

"Oleh sebab itu saya minta kepada warga yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin," tambah Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi berharap agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin.

"Meski situasi di dalam negeri sudah mendekati normal, saudara-saudara semua jangan kendor menerapkan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan," tegas Presiden.

Kepala Negara juga meminta agar pemerintah daerah menggencarkan testing dan "tracing" kontak erat.

"Agar digencarkan lagi, ditingkatkan lagi," kata Presiden.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X