Viral Bocah Disuruh Memulung Tengah Malam, Padahal Ayahnya Sehat Walafiat, Ngaku Kena PHK

- Senin, 21 September 2020 | 15:57 WIB
Fandi saat memulung. (ist)
Fandi saat memulung. (ist)

Sebuah video viral di media sosial, menampilkan seorang bocah 7 tahun sedang memanggul karung goni yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya.

Video itu diunggah oleh akun Facebook Photo Lepas. Di dalam video itu tertulis keterangan bahwa bocah itu sedang memulung pada Kamis, 17 September 2020, pada pukul 01.15 WIB dinihari.

Bocah itu diketahui bernama Fandi, 7 tahun, masih duduk di bangku kelas 2 SD di Pasar 5 Tembung. Dia tinggal di Jalan Bromo Gang Seto, Medan Denai.

Saban malam, selepas magrib, Fandi mengumpulkan botol-botol bekas, ataupun benda-benda lainnya yang sekiranya berharga, menyusuri Jalan Bromo, Jalan Menteng 2, Jalan Menteng Raya, Jalan Pendidikan Swadaya, dan kembali ke Jalan Bromo. Dia baru akan pulang pukul 7 pagi, waktu di mana seharusnya dia berangkat ke sekolah.

Dalam videonya yang viral, Fandi terlihat memanggul goni yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya. Dia menyusuri Jalan Menteng Raya, Medan, seorang diri, larut malam.

"Gak ada uang. Beras habis, gak ada duit, cari makan. Mamak sakit, ayah sakit. Kakinya sakit, gak bisa jalan, kalau Mama hamil," katanya.

Malam itu, Fandi berhasil mengumpulkan sekarung penuh botol bekas. Namun, kata dia, jika dijual, sekarung goni botol bekas itu hanya laku Rp10 ribu.

Belakangan diketahui bahwa ayah bocah itu tergolong sehat meski menderita asam urat.

"Gak ah. Lihatlah ini. Hanya bengkak di mata kaki. Sempat gak bisa jalan 2 minggu. Yah, namanya juga anak-anak. Maklumlah," kata bapaknya di rumah kontrakan mereka yang berukuran 3x4 di Jalan Seto Gang Adi Busono, Kecamatan Medan Area.

Ditanya, kenapa Fandi dibiarkan memulung sendirian, ayahnya yang mengaku baru kena PHK akibat Pandemi COVID-19, mengatakan bahwa bocah tersebut biasanya memulung berdua dengan kakeknya.

"Mungkin terpisah. Biasanya sama atoknya (kakeknya)," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X