Penuh Haru, Video Pelepasan KA Prameks yang Sudah Beroperasi 27 Tahun dan Diganti KRL

- Jumat, 12 Februari 2021 | 08:53 WIB
Video pelepasan KA Prameks Solo-Yogyakarta PP (Tik tok/alras13)
Video pelepasan KA Prameks Solo-Yogyakarta PP (Tik tok/alras13)

Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) tujuan Solo-Yogyakarta resmi dipensiunkan. Kereta api ini akan digantikan dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Yogyakarta PP.

Video upacara pelepasan Kereta Api Prameks pun viral di media sosial dan membuat banyak netizen terharu. KA Prameks diketahui sudah 27 tahun melayani penumpang Solo-Yogyakarta.

Dalam video yang diunggah akun TikTok alras13, tampak para penumpang dan petugas melepas kepergian KA Prameks dan melambaikan tangan.

"Jadi ini upacara pelepasan Kereta Api Prameks terakhir dari Kota Solo dan akan beroperasi mulai hari ini 9 Februari 2021. Sedih yaa setelah 27 tahun beroperasi mengantar perjalanan kita dari Solo Jogja dan akan diganti dengan KRL Solo Jogja," tulis akun tersebut.

Tentunya, banyak kenangan yang diukir oleh para penumpang selama menggunakan Kereta Api Prameks.

Sementara itu, KRL Yogyakarta-Solo resmi beroperasi penuh pada 10 Februari 2021 dengan ada 20 perjalanan yang setiap harinya beroperasi.

Waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit, ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di tujuh stasiun.

KRL akan melayani naik dan turun para pengguna di 11 stasiun yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan.

KA Prameks sebenarnya tetap ada, namun jalurnya diubah menjadi Kutoarjo – Yogyakarta PP dengan jumlah perjalanan sebanyak delapan kali.

Perjalanan KA Prameks akan melayani naik dan turun penggunanya di lima stasiun, yaitu Yogyakarta, Wates, Wojo, Jenar, dan Kutoarjo.

Untuk tarif KRL Solo-Yogyakarta atau sebaliknya sama dengan tarif KA Prameks yang dulu, yaitu Rp8.000.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X