The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keluarkan Pergub, Anies Ingin Targetkan Jakarta Jadi Kota Ketahanan Iklim
Mendung menghiasi langit di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
News

Keluarkan Pergub, Anies Ingin Targetkan Jakarta Jadi Kota Ketahanan Iklim

Beradaptasi.

Jumat, 15 Oktober 2021 17:47 WIB 15 Oktober 2021, 17:47 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim (RPRKD).

Pergub tersebut diterbitkan sebagai komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mewujudkan kota yang berketahanan iklim.

Anies Baswedan mengatakan, RPRKD merupakan sebuah peraturan pada tingkat daerah yang komprehensif yang memuat aksi perubahan iklim yang mengintegrasikan aksi mitigasi dan adaptasi di DKI Jakarta.

“DKI Jakarta menjadi provinsi pertama di Indonesia yang memiliki RPRKD sesuai dengan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN 2020-2024). Dan untuk pertama kali, melalui rencana ini, aksi adaptasi perubahan iklim diatur dalam sebuah produk hukum,” ucap Anies, Jumat (15/10/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menambahkan, RPRKD ini merupakan perwujudan komitmen ambisius DKI serta kontribusi aktif dalam pencapaian National Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Menurutnya, Jakarta melakukan inovasi yang menyeluruh di mana aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim diberlakukan secara seimbang, mengingat selama ini aksi adaptasi perubahan iklim sering sekali terlupakan.

“Komitmennya adalah ingin mewujudkan kota Jakarta sebagai kota yang berketahanan iklim, dan kota Jakarta bisa melakukan percepatan pencapaian target pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 30%," terangnya.

BACA JUGA: Waduh! Kapolsek di Sulteng Chat Mesra Anak Tersangka Berujung Dicopot

"Dan secara ambisius mampu mengurangi emisi GRK langsung sebesar 50% pada tahun 2030, serta net zero emission pada tahun 2050,” tandas orang nomor satu di Jakarta tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US