Pemerintah Prancis Buat Aturan Bersepeda Guna Tekan Penyebaran Corona

- Senin, 4 Mei 2020 | 17:03 WIB
Ilustrasi masyarakat Paris menggunakan sepeda. (Unsplash/Abdou Mrehouri).
Ilustrasi masyarakat Paris menggunakan sepeda. (Unsplash/Abdou Mrehouri).

Minggu depan status lockdown di Prancis akan berakhir. Kendati demikian, pemerintah setempat tidak lantas berdiam diri. Sudah ada beberapa kebijakan yang diambil untuk mencegah penularan virus corona baru agar tidak semakin meluas.

Salah satunya adalah mendorong warga untuk bersepeda dan menghindari penggunaan mobil di jalan kota. Menteri Lingkungan Hidup Prancis Elisabeth Borne beberapa hari lalu mengumumkan pemerintah berencana menyiapkan dana sebesar 20 juta euro atau sekira Rp330 miliar untuk memperbaiki sepeda, memasang tempat parkir sepeda sementara, dan membiayai sesi pelatihan bersepeda.

Melalui kebijakan ini, pemerintah setempat ingin lebih banyak warga bersepeda bila bepergian. Dengan begitu kepadatan di metro dan bus bisa dikurangi. Sebab untuk mempraktikkan physical distancing di dalam transportasi umum dirasa sulit. Padahal itu merupakan cara untuk mencegah penularan virus corona baru.

Tak hanya menyediakan sarana untuk bersepeda, Borne mengatakan pemerintah Prancis akan bekerja sama dengan pengusaha. Rencananya pemerintah akan membayar 400 euro atau sekira Rp6,6 juta kepada perusahaan yang menerapkan aturan bersepeda ke kantor bagi karyawannya.

"Kami ingin periode ini menjadi tahap baru menuju budaya bersepeda dan menguraikan penularan," kata Borne pada akun media sosialnya seperti yang dikutip dari New York Post, Senin (4/5/2020).

Langkah ini disambut baik oleh federasi bersepeda Prancis, FUB. Pihak tersebutlah yang akan mengoordinasikan program perbaikan sepeda. Saat ini pemerintah telah menyiapkan 300 ribu cek senilai 50 euro bagi masyarakat. Dana tersebut digunakan untuk program perbaikan sepeda.

“Bersepeda dapat berkontribusi untuk mencegah gelombang kedua pandemi coronavirus,” kata pimpinan FUB Olivier Schneider.

-
Ilustrasi parkiran sepeda di jalanan Paris. (Unsplash/Ole Witt).

Sementara itu, jalur sepeda baru akan dibuat dengan mengambil ruang yang cukup jauh. Di Paris, jalur sepeda baru sepanjang 750 km direncanakan akan dibangun di jalan-jalan departemen. Tujuannya agar warga lebih mudah untuk bersepeda dari satu kota ke kota lain. 

Jalur sepeda baru juga akan dibangun di sepanjang jalur metro yang sibuk. Nantinya hanya bus, taksi, dan kendaraan darurat diizinkan di sana. Saat ini Paris memiliki sekira 370 km jalur sepeda yang diperkirakan akan meningkat menjadi 650 km.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X