5 Cara Sederhana Supaya Tetap Semangat Bekerja Seharian Penuh

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 16:01 WIB
photo/Ilustrasi/Pexels
photo/Ilustrasi/Pexels

Rasa bosan ketika bekerja adalah hal wajar, apalagi jika seharian penuh berada di dalam ruangan kerja yang monoton. Kalau sudah merasa bosan, bisa dipastikan hal itu akan mengganggu konsentrasi dan produktivitas kerja. 
Bahkan, kondisi tersebut bisa mempengaruhi semangat kerja di hari-hari berikutnya. Karena itu, jika mengalami hal demikian, kamu harus menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal.

Apa saja ya? Berikut ini dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Kamis (10/10), 5 cara sederhana supaya kamu tetap semangat bekerja seharian penuh:

1. Menata Ulang Meja Kerja

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Salah satu alasan seseorang merasa bosan atau bad mood adalah karena suasana bekerja itu-itu saja. Meja kerja berantakan pun bisa menjadi alasan seseorang merasa bosan. Karena itu, cobalah sisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan menata ulang meja kerjamu. Kamu bisa menghias meja dengan barang-barang kesukaan seperti bunga, boneka pajangan, bingkai foto anggota keluarga atau pacar.

2. Mendengarkan Musik

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Musik memang sangat berpengaruh pada perubahan mood seseorang. Dengan mendengarkan musik sambil bekerja, bisa mengusir rasa suntukmu. Namun kamu disarankan agar memilih musik yang bisa membangkitkan semangat dan hindari musik-musik bergenre mellow.

3. Cari Udara Segar di Luar Ruangan

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Kalau sudah bosan dengan pekerjaan di kantor, kamu bisa mengatasinya dengan berjalan-jalan di sekitar ruangan atau mungkin keluar ruangan sebentar untuk sekadar mencari udara segara. Berjalan menuju meja teman kerja dan mengobrol ringan selama 5-10 menit bisa membantu mengembalikan semangat kerjamu.

4. Kurangi Multitasking

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Sebaiknya, kamu tidak memaksakan diri menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan (multitasking). Bukannya bermanfaat, hal itu justru bisa membuang waktu berhargamu dengan percuma. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang multitasking biasanya memiliki kualitas pekerjaan buruk dan cenderung mudah bosan.

5. Hindari Makan Terlalu Banyak

-
photo/Ilustrasi/Food to Live

Terlalu banyak makan saat waktu istirahat bisa berujung pada kinerjamu. Mengapa demikian? Pasalnya, kamu akan mudah mengantuk dan bosan. Karena itu, hindari makan terlalu banyak. Kalau kamu hobi ngemil, sebaiknya bagi porsi makan dalam 4-5 kali sesi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X