5 Negara Yang Memiliki Pasokan Listrik Cukup Rendah

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 16:10 WIB
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Banyak sekali aktivitas masyarakat yang bergantung dengan listrik. Tidak hanya rumah tangga, pusat industri dan perusahaan lain pun kegiatannya  bergantung pada pasokan listrik. Maka tak heran, bila listrik padam aktivitas akan sangat terganggu seperti yang minggu lalu melanda wilayah Jabodetabek hingga 16 jam lamanya.

Namun, pemadaman yang terjadi di wilayah Jabodetabek belum seberapa dibanding dengan negara-negara ini yang pasokan listriknya hanya tercukupi sekitar 5 persen dari populasi warganya.

1. Burundi

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Burundi adalah sebuah negara tanpa laut di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika yang hanya memiliki 6,5 persen pasokan listrik. Dari 90 persen populasi masyarakat yang tinggal dipedesaan, hanya sedikit yang dapat menikmati listrik.

2. Sudan Selatan

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Di daerah ini pasokan listrik hanya sebesar 5,1 persen dari jumlah populasi masyarakatnya. Tak hanya itu, masyarakat juga kekurangan akses jalanan beraspal. Pemerintah kini tengah berusaha menarik investor untuk mengembangkan usahanya di Sudan Selatan.

3. Liberia

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Di Liberia, pasokan listrik hanya sebesar 9,8 persen dari jumlah populasi. Sebagian besar sumber enegeri di wilayah ini 80 persennya  bersumber dari biomassa.

4. Chad

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Masyarakat di daerah ini sangat membutuhan sumber energi listrik, karena hanya 6,4 persen pasokan listrik di wilayah ini dari jumlah total populasi yang ada.

5. Republik Afrika Tengah

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Hanya 10,8 persen pasokan listrik yang ada di Republik Afrika Tengah. Jumlah ini sangat kurang untuk masyarakat melakukan berbagai aktivitas. Penyebab utama dari kekurangan ini ialah seringnya terjadi pemberontakan dan kudeta militer yang menyebabkan krisis ekonomi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X