Ucapan Luhut soal Sinyal Kenaikan Harga Pertalite dan Gas LPG 3 Kg Dinilai Bikin Resah

- Senin, 4 April 2022 | 11:56 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto memandang, pernyataan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang memberikan sinyal pemerintah akan menaikkan harga Pertalite hingga LPG 3 Kg, telah membuat resah masyarakat.

Ia memandang tidak sepatutnya Luhut berbicara soal rencana kenaikan BBM jenis Pertalite, Premium dan gas LPG 3 kilogram karena masalah itu bukan urusannya sebagai Menko Marbes. Ditambah lagi yang dibicarakan belum pernah dibahas di DPR.

“Pernyataannya membuat resah dan meneror masyarakat dengan serentetan ancaman kenaikan harga-harga sumber energi kebutuhan sehari-hari mereka. Apalagi kalau gas LPG 3 kg dan Pertalite juga ikut dinaikan, yang merupakan hajat hidup orang banyak. Padahal Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sendiri bilang tidak akan menaikan harga energi yang membuat market shock,” ujar Mulyanto kepada wartawan, Senin (4/4/2022).

Maka dari itu Politisi PKS ini memandang Luhut offside dan kebablasan membahas masalah ini. Seharusnya yang bicara seperti ini adalah Menteri ESDM atau Menteri Keuangan, sesuai dengan kapasitas dan portofolio kementeriannya. 

Itu puan, kata Mulyanto, tidak dengan cara ‘intimidasi’ seperti ini yang dapat membuat resah masyarakat. Apalagi sekarang baru saja memasuki bulan Ramadhan.

“Presiden Jokowi sudah sepantasnya mengingatkan Pak Luhut ini. Agar jangan terlalu banyak mengobral berbagai ancaman kenaikan harga kebutuhan pokok yang akan membuat masyarakat resah. Karena masyarakat masih kesulitan dengan beban yang ada,” jelas Mulyanto.

BACA JUGA: Luhut Pandjaitan Kembali Dilaporkan ke Polda Metro soal Bisnis Tambang Papua

Sebelumnya Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sinyal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite hingga gas LPG 3 kg.

"Overall (secara keseluruhan) akan terjadi (kenaikan) nanti Pertamax, Pertalite, kalau Premium belum. Juga gas yang 3 kg (akan naik). Jadi bertahap, 1 April, nanti Juli, bulan September, itu nanti bertahap akan dilakukan oleh pemerintah," kata Menko Luhut Pandjaitan ditemui usai meninjau Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi Timur, Jumat (01/04), seperti dikutip dari Antara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X