Gubernur Herman Deru Instruksikan Pemkab Musi Banyuasin Antisipasi Banjir dari Musi Rawas

- Kamis, 16 Maret 2023 | 19:49 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau lokasi banjir akibat luapan sungai kelingi di Kabupaten Musi Rawas - Musi Banyuasin, Rabu (15/3/2023) (Humas Pemprov Sumsel)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau lokasi banjir akibat luapan sungai kelingi di Kabupaten Musi Rawas - Musi Banyuasin, Rabu (15/3/2023) (Humas Pemprov Sumsel)

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menginstruksikan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk mengantisipasi potensi bencana banjir kiriman dari aliran dua sungai besar di Musi Rawas.

Menurut Herman Deru, debit air aliran dua sungai di Musi Rawas, yaitu Sungai Musi dan Sungai Kelingi di Kabupaten Musi Rawas, sedang tinggi. Bahkan tinggi air mencapai tiga meter, setelah diguyur hujan intensitas tinggi selama sepekan terakhir.

Tingginya debit air sungai tersebut bahkan sempat menyebabkan sebanyak 2.258 kepala keluarga dari 29 desa di Musi Rawas terpaksa mengungsi karena rumahnya digenangi banjir, pada Selasa (14/3/2023).

Berdasarkan pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, debit air yang sedang tinggi di Kabupaten Musi Rawas itu diperkirakan tiba ke hilir kawasan Musi Banyuasin dalam dua hari ke depan.

Baca Juga: Buntut Jadi Korban Kekerasan di Panti Asuhan Palembang, 18 Anak Dipindahkan ke Tempat Aman

"Maka air bakal meluap, pemukiman di bantaran sungai hilir Musi Banyuasin (Muba) dikhawatirkan tergenang banjir," kata Herman Deru, Kamis (16/3/2023).

Oleh sebab itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin harus segera melakukan upaya antisipasi, agar potensi bencana banjir dan tanah longsor akibat debit air yang besar itu tidak berdampak luas.

"Instruksikan personel BPBD, TNI, Polri untuk bersiaga di lokasi rawan bencana, banjir/tanah longsor khususnya di sekitar bantaran aliran sungai," kata dia.

Baca Juga: Sejumlah Wilayah di Banjarmasin Alami Banjir Rob, Khususnya Wilayah Pinggiran Laut

Selain kesiapsiagaan personel, pasokan kebutuhan pokok warga juga harus di persiapkan seperti logistik sembako, air bersih, danobat-obatan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk meningkatkan kewaspadaan meskipun kebencanaan itu belum tentu terjadi.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Musni Wijaya, mengatakan pihaknya telah mengerahkan personel kesiapsiagaan sejak Senin (13/3) ke kawasan rawan bencana, sekitar aliran Sungai Musi daerah setempat.

"Seluruh Camat, BPBD, Tagana Dinsos turun kelapangan untuk selalu siaga," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X