The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jasad 4 Warga Sipil Korban Kekejian KKB Papua Tiba di Manokwari, Evakuasi via Jalur Darat
Jenazah empat korban meninggal dunia dalam peristiwa penyerangan KKB tiba di Manokwari (ANTARA/Hans Arnold Kapisa)
News

Jasad 4 Warga Sipil Korban Kekejian KKB Papua Tiba di Manokwari, Evakuasi via Jalur Darat

Sabtu, 01 Oktober 2022 19:16 WIB 01 Oktober 2022, 19:16 WIB

INDOZONE.ID - Empat jenazah korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam peristiwa penyerangan 14 pekerja jalan Trans Papua Barat, tiba di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Papua Barat, di Manokwari, Sabtu petang.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan proses evakuasi empat jenazah melalui jalur darat dari Kabupaten Teluk Bintuni ke Kabupaten Manokwari berjalan aman dan terkendali.

"Empat jenazah korban pembantaian KKB sudah tiba di Manokwari sekitar pukul 17.00 WIT. Empat jenazah saat ini disemayamkan sementara di kamar jenazah RS Bhayangkara Polda Papua Barat. Proses evakuasi berjalan aman dan terkendali," kata Kombes Adam seperti yang dilansir Antara, Sabtu (1/10/2022).

Dia mengatakan, untuk proses pemberangkatan empat jenazah ke kampung halaman masing-masing sedang dikoordinasikan antara perwakilan keluarga korban dengan pemerintah daerah setempat.

Baca juga: 3 Peluru Berhasil Diangkat dari Tubuh Brimob yang Tertembak KKB di Yahukimo

Selanjutnya Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Manokwari H Abdul Rachman Manganti mengatakan empat jenazah direncanakan diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing menggunakan pesawat komersial pada penerbangan Minggu (2/10) pagi.

"Kami telah menerima jenazah empat korban di Manokwari, dan sedang berkoordinasi dengan petugas karantina untuk proses pemberangkatan ke kampung halaman masing-masing pada penerbangan Minggu pagi," ujar Manganti, perwakilan keluarga empat korban.

Kesempatan itu Manganti juga mengimbau kepada keluarga besar Sulawesi Selatan dan kerabat dari salah satu korban asal Manado, Sulawesi Utara agar tetap tenang, memberikan kepercayaan kepada aparat untuk mengejar dan menangkap para pelaku yang tidak berperikemanusiaan itu.

"Atas nama keluarga empat korban, kami mendukung penuh langkah aparat untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap para pelaku agar dapat diproses hukum setimpal perbuatannya," ujar Ketua KKSS Kabupaten Manokwari itu.

Empat jenazah korban KKB dalam peristiwa penyerangan 14 pekerja jalan Trans Papua Barat, Kamis (29/9), yakni Abbas, Armin, Darmin, dan Yafet.

Jenazah Abbas, Armin, dan Darmin akan diterbangkan ke Makassar, Sulawesi Selatan, sementara jenazah Yafet akan diterbangkan ke Manado, Sulawesi Utara.

Sebelumnya diketahui beredar video kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali membunuh 4 warga sipil di Maybrat, Sorong Papua, Kamis (29/09/2022).

Keempat korban sipil itu merupakan para pekerja mesin berat yang sedang membangun jalan trans Papua.

Selain ditembak, korban juga disiksa dengan benda tajam seperti parang.

Terlihat dari sejumlah foto dan video yang tersebar, jasad korban dipenuhi luka bacok mulai dari kepala hingga kaki.

Seperti biasa, untuk memperkuat aksi propagandanya, OPM selalu mengklaim jika korbannya merupakan anggota intelijen.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US