Megawati Ucapkan Selamat ke Xi Jinping yang Terpilih Jadi Presiden China Periode Ketiga

- Minggu, 12 Maret 2023 | 10:14 WIB
Presiden China Xi Jinping. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Presiden China Xi Jinping. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat kepada Xi Jinping yang kembali terpilih menjadi presiden China untuk periode ketiga.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati juga memberikan apresiasi kepada Xi Jinping atas keberhasilan China dalam mendorong perdamaian dunia. 

“Ibu Megawati Soekarnoputri juga memberikan apresiasi atas keberhasilan Tiongkok di dalam mendorong perdamaian dunia, dengan mengambil prakarsa rekonsiliasi antara Arab Saudi dan Iran,” kata Hasto Kristianto dalam keterangannya,  dikutip Minggu (12/3/2023).

Hasto menilai keberhasilan Xi Jinping yang  memprakarsai rekonsiliasi antara Arab Saudi dan Iran senafas dengan semangat Presiden pertama RI Sukarno yang mempelopori Dasa Sila Bandung dalam Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok. 

Dia menyebut, perubahan konstelasi geopolitik di Timur Tengah tersebut sangat penting bagi perdamaian kawasan dan dunia. 

“Ibu Megawati ketika memerintahkan saya untuk mengambil doktor pertahanan konsentrasi geopolitik Bung Karno di Universitas Pertahanan, bertujuan untuk mengkonstruksikan pemikiran geopolik Bung Karno yang sangat khas, tidak ekspansif, dan menjadikan Pancasila sebagai lifeline tata dunia baru,” tutur Hasto.

Baca Juga: Istri Moeldoko, Koesni Harningsih Meninggal Dunia

“Dalam teori geopolitik Bung Karno yang disebut progressive geopolitical co-exsistentence, kepentingan nasional Indonesia dibangun dengan memperhatikan konstelasi geopolitik dan disitulah kepemimpinan Indonesia,” imbuhnya.

Atas dasar itu, kata dia, Megawati mengingikan agar Lemhannas sebagai lembaga kajian pemikiran strategis geopolitik. Sekaligus sebagai wahana menggembleng calon pemimpin dari seluruh Indonesia. 

Nantinya, Hasto berharap akan muncul satu pemikiran yang menyatukan ideologi, persepsi, dan agenda strategis tentang masa depan Indonesia atas cara pandang geopolitik.

Baca Juga: Blok 15 Kawasan GBK Secara Sah Milik Negara, Ini Penjelasannya

“Dari Aceh sampai Papua semua calon pemimpin digembleng semangat dan pemikirannya. Dengan melihat konstelasi geopolitik, disitulah Indonesia berperan aktif dalam percaturan dunia seperti mengambil prakarsa perdamaian di Timur Tengah, Korea, Rusia-Ukraina, Laut Tiongkok Selatan dan berbagai persoalan lainnya," ujar Hasto Kristiyanto menirukan perkataan Megawati.

Hasto menambahkan, pemikiran geopolitik Sukarno mengajarkan Indonesia untuk menjadi bangsa yang percaya diri. 

“Pemikiran Geopolitik Bung Karno mengajarkan bagaimana bangsa Indonesia harus membangun rasa percaya dirinya, bertindak keluar, bukan saling mencela sesama anak bangsa sendiri,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X