Pemerintah Siapkan Cadangan Beras bagi Daerah Terdampak Virus Corona

- Selasa, 24 Maret 2020 | 16:52 WIB
Presiden Joko Widodo memeriksa beras di Gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo memeriksa beras di Gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (BPMI Setpres)

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyiapkan cadangan beras bagi para kepala daerah yang wilayahnya terdampak wabah virus corona (Covid-19).

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial (Kemensos), Asep Sasa Purnama menyatakan cadangan beras tersebut disiapkan agar kebutuhan keluarga miskin dan rentan yang mengalami kesulitan dalam memenuhi nafkah tetap terpenuhi.

"Kami juga menyiapkan cadangan beras pemerintah atau CBP untuk digunakan  para kepala daerah di seluruh wilayah yang terdampak wabah Covid-19," ucapnya di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Asep mengatakaan, pihaknya telah berkirim surat edaran kepada para gubernur, bupati dan walikota untuk menggunakan cadangan beras pemerintah sesuai kewenangan masing-masing kepala daerah. Apabila daerah merasa pasokannya kurang maka dalam hal ini dapat mengusulkannya kepada Kemensos. 

"Apabila kurang dapat mengusulkan kepada Menteri Sosial Republik Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara mengatakan kenaikan indeks bantuan Program Sembako yang sudah ditetapkan menjadi sebesar Rp200 ribu per Maret-Agustus 2020, dapat diperpanjang jika diperintahkan Presiden.

Pemerintah menambah bantuan Program Sembako dari Rp150 ribu per bulan menjadi Rp200 ribu yang ditujukan kepada 15,2 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama enam bulan hingga Agustus 2020, sebagai salah satu upaya mengatasi dampak virus corona atau Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X