Taukah Kamu Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat? Ini Alasannya
ANTARA FOTO/izaac mulyawan
News

Taukah Kamu Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat? Ini Alasannya

Putri
Jumat, 16 Agustus 2019 13:35 WIB 16 Agustus 2019, 13:35 WIB

Pada 14 Agustus kemarin, rakyat Indonesia memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun. Pramuka atau Praja Muda Karana memiliki arti jiwa muda yang berkarya. Satu hal yang menjadi ciri khas pramuka di Indonesia ialah seragamnya yang berwarna cokelat. Taukah kamu kenapa seragam pramuka berwarna cokelat? Berikut ini alasannya


1. Pakaian pejuang kemerdekaan

sukarno
wikipedia

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memilih warna cokelat karena para pejuang atau pahlawan mengenakan baju atasan dan celana berwarna cokelat nuda. Oleh sebab itu, warna cokelat dipilih sebagai warna pramuka. Hal ini tertuang dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka yang bertujuan agar anggotanya tidak melupakan para pejuang kemerdekaan yang bejuang negara.

2. Ide dari Bapak Pramuka

bapak pramuka
wikipedia

Baden Powell yang dinobatkan sebagai Bapak Pramuka suka melakukan petualangan hingga terkadang badannya sampai masuk ke dalam lumpur basah dan kering di badannya hingga tubuh dan pakaiannya berubah menjadi cokelat. Sejak saat itulah, Powell mengusulkan agar seragam pramuka berwarna cokelat dengan tujuan agar pakaian tidak mudah kotor saat melakukan petualangan.

3. Warna tanah air

indonesuia
ANTARA FOTO/Fauzan

Warna tanah dan air Indonesia menjadi alasan kenapa cokelat dipilih sebagai warna seragam pramuka. Warna cokelat muda di baju mencerminkan air yang mengalir di seluruh penjuru negeri. Sedangkan warna cokelat tua di celana atau rok menggambarkan warna tanah Indonesia. Namun anggapan ini belum diakui secara resmi oleh Kwartir Nasional.

4. Tunas kelapa

kelapa
Ilustrasi/unsplash

Simbol tunas kelapa dalam pramuka menjadi salah satu alasan kenapa seragam pramuka berwarna cokelat. Soenardjo Atmodipurwo, seorang tokoh Pramuka yang juga merupakan pegawai tinggi di Kementerian Pertanian mengemukakan bahwa tunas kelapa dijadikan sebagai simbol pramuka karena memiliki arti yang mendalam. Tunas melambangkan penerus bangsa dan kelapa menggambarkan sifat anggota pramuka yang kuat baik jasmani maupun rohani.

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Putri

    Editor