Inilah 4 Hal yang Akan Terjadi Jika Hidup Tanpa Listrik

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 17:25 WIB
photo/Pexels
photo/Pexels

Pada Minggu (4/8), terjadi pemadaman listrik massal (blackout) di wilayah Jabodetabek, serta sebagian Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah, sejak sekitar pukul 11.00 sampai malam hari hingga Senin (5/8). Insiden blackout ini membuat masyarakat resah karena merasa dirugikan.

Bicara soal listrik, pernahkah kamu membayangkan hidup tanpa listrik? Tak bisa dipungkiri, hidup tanpa aliran listrik tentu akan mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Misalnya, bekerja, memasak, menyetrika, menonton televisi, mencuci baju, dan sebagainya.

Ketergantungan akan listrik ini juga merupakan dampak dari digitalisasi. Ya, tanpa adanya listrik, seluruh kegiatan offline maupun online akan terhambat. Lalu, apa jadinya kalau manusia hidup tanpa listrik?

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (6/8), inilah 4 hal yang akan terjadi jika manusia hidup tanpa ada aliran listrik:

1. Seluruh Akses Komunikasi Terputus

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Bisa dipastikan, hidup tanpa listrik akan membuat akses komunikasi tidak berjalan lancar, termasuk hilangnya sinyal internet. Berdasarkan sebuah riset Future Laboratory disebutkan bahwa orang akan cenderung merasa cemas ketika jauh dari internet atau ponsel. Di dunia modern, ponsel dan internet mampu membuat para penggunanya kecanduan.

2. Kemacetan Parah di Jalan Raya

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Sudah bisa dipastikan, transportasi akan semrawut tanpa ada aliran listrik. Mengapa demikian? Ya, karena pengaturan sistem lalu lintas pada transportasi darat, laut, maupun udara butuh tenaga listrik sebagai sumber energinya.

3. Air Bersih Tidak Mengalir

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Kita semua tau bahwa listrik dibutuhkan untuk mengalirkan air bersih melalui pipa-pipa yang tertanam di bawah tanah. Seandainya manusia hidup tanpa ada listrik, maka kran yang ada di sekitar kita, termasuk di rumah, tidak akan lagi mengeluarkan air. Hal ini dikarenakan pompa pipa PDAM butuh listrik sebagai sumber dayanya.

4. Gedung Perkantoran Berhenti Beroperasi

-
photo/Ilustrasi/Pixabay

Listrik padam akan menyebabkan rumah kita gelap gulita, tidak terkecuali gedung perkantoran dan pabrik. Jika tidak ada aliran listrik, otomatis gedung perkantoran akan terasa panas karena AC tidak menyala. Tak hanya itu, pabrik-pabrik juga tidak bisa beroperasi dengan baik karena tidak ada pasokan listrik.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X