Sah! Umat Muslim di Negara Ini Rayakan Idul Fitri 2 Mei 2022, Indonesia Kapan?

- Rabu, 27 April 2022 | 08:24 WIB
Salat berjamaah di masjid Imaam Center, Amerika (Susi Fatimah/IDZ Creators)
Salat berjamaah di masjid Imaam Center, Amerika (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Ramadhan sudah memasuki pekan terakhir, artinya bulan penuh kebaikan ini akan segera berakhir. Umat muslim di Indonesia saat ini sedang menanti keputusan pemerintah terkait kapan jatuhnya 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri. Kementerian Agama sendiri baru akan menggelar sidang itsbat pada Minggu (1/5/202) untuk melihat posisi hilal (bulan).

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah memutuskan 1 Syawal jatuh pada Senin (2/5/2022). Hal itu disampaikan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto dalam keterangannya pada Senin (26/5/2022).

Bagaimana dengan 1 Syawal 1443 H di Amerika Serikat?

Idul Fitri di Amerika jatuh pada Senin (2/5/2022). Hal itu berdasarkan dari pengumuman yang dikeluarkan oleh pihak Masjid Imaam Center, masjid milik pemerintah Indonesia di Washington DC.

-
Imaam Center, masjid milik pemerintah Indonesia di AS (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Dalam akun resmi Instagram Imaam Center diumumkan pelaksanaan salat Id akan dilakukan pada Senin (2/5/2022) dalam tiga sesi.

Sesi pertama salat Id dilaksanakan pada pukul 07.00 dengan khatib/imam yaitu Syeikh Hussein Afdefy, kemudian sesi kedua salat Id dimulai pukul 09.00 yang dipimpin oleh Abdussamad Madad dan sesi ketiga atau sesi terakhir pada pukul 10.30 dengan khatib/imam Al Hafidz dan Br Moh Rasyid Umar.

-
Salat Id akan digelar dalam tiga sesi (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Pihak masjid mewajibkan jemaah untuk tetap menggunakan masker dalam pelaksanaan salat Id nantinya dan menyarankan kepada jemaah yang memiliki gejala covid-19 untuk tetap berada di rumah.

Setiap tahunnya, Masjid Imaam Center disesaki oleh jemaah asal Indoesia yang bermukim di area Washington DC, Maryland dan Virginia (DMV), sebagai tempat menunaikan salat Id.

-
Imaam Center diresmikan oleh Presiden SBY pada 2014 lalu (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Enggak hanya para WNI, jemaah dari negara lain asal Afrika dan Timur Tengah pun menunaikan salat Id di masjid yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2014 ini.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X