The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soroti Permainan Tarif Bisnis Tes PCR, DPR: Harus Kita Bongkar!
Petugas memasukkan hasil tes usap dengan sistem Polymerase Chain Reaction (PCR) ke dalam tabung di Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium, Jakarta. (ANTARA FOTO/ Reno Esnir).
News

Soroti Permainan Tarif Bisnis Tes PCR, DPR: Harus Kita Bongkar!

Tangani spesimen.

Selasa, 09 November 2021 17:13 WIB 09 November 2021, 17:13 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade turut membongkar permainan tarif tes PCR di Indonesia. Adapun yang dimaksudnya adalah perbedaan tarif tergantung waktu keluarnya hasil tes PCR.

“Ada lagi permainan pcr mau satu jam, mau enam jam, mau 1x24 jam, mau 2x24 jam ini juga publik harus kita bongkar,” kata Andre dalam rapat dengar pendapat komisi VI DPR bersama sejumlah direktur dari PT Kimia Farma, PT Indofarma, dan PT Phapros, Selasa (9/11/2022).

Menurut Andre sejatinya mesin PCR bisa menangani spesimen dalam waktu 1 jam. Kemudian dia mempertanyakan lab-lab yang ada malah memberikan harga berbeda tergantung waktu keluarnya hasil PCR.

“Nah kan permainan ya itu lab-lab gak perlu pake angka harga-harga satu jam, enam jam kan mereka memutarkan mesin yang sama. Lagian juga pasiennya banyak orang yang nyolok juga gaperlu nunggu karena ribuan mesin lab untuk bekerja,” bebernya.

Baca Juga: Keluarga Ziarah dari Luar Pagar, Buntut Makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Rusak

“Jadi lucu juga dibikin postur-postur begitu. Ini juga harus kita bongkar, harusnya bareng sama menkes. Tapi kita bukan komisi IX juga,” tambahnya.

Maka dari itu, Politisi Partai Gerindra ini mengimbau kepada lab-lab agar tidak bermain dengan harga tes PCR terkait hasil waktu keluar. Ia pun merasa diduga tertipu selama ini karena ternyata hasil PCR turut dijadikan bisnis.

“Jadi mohon maaf kita diduga ditipu-tipu aja ongkos bisnis ini. Tugas kita memastikan bahwa BUMN selain cari untung juga berpihak untuk rakyat. Saya gak yakin juga tadi menteri melarang-larang,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US