Menlu Inggris Peringatkan Rusia Jika Berani Serang Ukraina

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 15:49 WIB
Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss. (REUTERS)
Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss. (REUTERS)

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss, menyambut para menteri luar negeri dari Kelompok Tujuh (G7) di Liverpool, Sabtu (11/12/2021), untuk membahas krisis di Ukraina.

Dalam kesempatan itu, Truss memperingatkan bahwa Rusia akan menghadapi konsekuensi berat jika berani menyerang Ukraina. Dia juga mendesak Rusia untuk menahan diri agar tidak gegabah menyerang Ukraina.

Wanita 46 tahun itu juga meminta kepada negara-negara demokratis yang bebas untuk menghentikan penggunaan gas Rusia.

Sebelum peringatan dari Inggris, Amerika Serikat dan negara-negara NATO lainnya juga memperingatkan Rusia jika berani menyerang Ukraina, mereka akan menjatuhkan sanksi tegas untuk Rusia.

Baca juga: Bicara dengan Presiden Ukraina, Biden Beberkan Isi Diskusinya Bersama Putin

G7 merupakan pertemuan para diplomat top dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Dilansir AP, para menteri dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan bergabung dengan KTT untuk pertama kalinya pada hari Minggu (12/12/2021).

India, Korea Selatan, Australia dan Afrika Selatan, juga akan berpartisipasi sebagai tamu yang dipilih oleh tuan rumah, Inggris.

Pembicaraan di KTT G7 ini tidak hanya akan membahas masalah krisis di Ukraina, tetapi juga akan membahas masalah vaksin Covid-19, Afghanistan, Korea Selatan, perubahan iklim, serta ketegangan di Balkan Barat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X