Antisipasi Rabies, BPBD Tangerang Siapkan Timsus Tangani Hewan Liar, Hubungi Siaga 112

- Selasa, 20 Juni 2023 | 12:50 WIB
Dokter hewan menyuntikkan vaksin anti rabies pada seekor anjing (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Dokter hewan menyuntikkan vaksin anti rabies pada seekor anjing (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sudah menyiapkan tim khusus (timsus), untuk menangani hewan liar yang bisa menularkan rabies.

Maryono Hasan, kepala BPBD Kota Tangerang mengimbau masyarakat lebih waspada dengan keberadaan hewan liar. Selain itu, warga juga diminta sigap memastikan kesehatan hewan peliharaan.

Dia menyebut, sejauh ini ada laporan sejumlah hewan liar di Kota Tangerang seperti ular, monyet, buaya, biawak hingga tawon.

Baca juga: Tak Disuntik Vaksin Rabies, Bocah Usia 4 Tahun Meninggal di Flores Usai Digigit Anjing

Oleh sebab itu, pihaknya selalu menyiapkan tim atau peralatan evakuasi atau APD. Warga yang menemukan hewan liar hingga mengganggu kenyamanan bisa menghubungi Siaga 112.

"Jika menemukan keberadaan hewan liar, hingga mengganggu kenyamanan sekitar bisa hubungi Siaga 112, Laksa atau ke nomor piket 24 jam BPBD di 021-5582-144. Buat laporannya, sampaikan data diri dan kasus hewannya, otomatis tim akan segera meluncur ke TKP," ungkap Maryono.

-
Dua warga memasangkan baju ke dua ekor anjing peliharaan yang telah disuntik vaksin rabies (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Di sisi lain, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mengimbau warga Kota Tangerang untuk rutin melakukan vaksinasi pada hewan peliharaannya seperti kucing, anjing, musang dan kera atau monyet.

"Empat jenis hewan itu, memiliki potensi pada kasus penularan virus rabies. Maka, para pemilik hewan diimbau segera lakukan vaksinasi pada seluruh hewan peliharaannya, minimal satu kali dalam setahun. Lebih baik mencegah dari pada mengobati apalagi terlambat," kata Kepala DKPK Muhdorun.

Baca juga: Setiap 10 Menit 1 Orang Meninggal karena Rabies, Yuk Cegah dengan Tiga Cara Ini!

Pemkot Tangerang terus memasifkan pemberian vaksin rabies gratis pada hewan peliharaan dalam program Puskeswan Kota Tangerang. Ini rutin dilakukan secara gratis, selama ketersediaan vaksin masih tersedia.

Tujuannya adalah untuk mencegah rabies pada hewan kesayangan sehingga manusia dapat berinteraksi dengan aman dengan hewan peliharaannya. Kegiatan vaksinasi rabies merupakan upaya strategis untuk mempertahankan status zero case rabies di Kota Tangerang.

"Masyarakat dapat memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Kota Tangerang, sesuai dengan jadwal dan kuota yang diinformasikan melalui sosial media DKP. Bisa juga atas permohonan di satu wilayah, dengan jumlah hewan yang telah dikumpulkan," kata Muhdorun.

Diketahui, hewan dengan yang terindikasi terpapar virus rabies diantaranya takut cahaya, kesulitan makan, takut air dan hewan cenderung agresif dan mengeluarkan air liur berlebihan. Terkait layanan masyarakat dapat pantau instagram @dkp.tangerangkota atau di nomor whatsapp di 0813-9434-3260.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X