The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Disuntik Vaksin Rabies, Bocah Usia 4 Tahun Meninggal di Flores Usai Digigit Anjing
Ilustrasi digigit anjing. (Dok. Handover)
Health

Tak Disuntik Vaksin Rabies, Bocah Usia 4 Tahun Meninggal di Flores Usai Digigit Anjing

Jumat, 30 September 2022 13:59 WIB 30 September 2022, 13:59 WIB

INDOZONE.ID - Seorang anak berusia empat tahun meninggal dunia akibat tidak menerima suntikan vaksin antirabies (VAR) setelah digigit anjing rabies pada 17 Agustus 2022 lalu di Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sekretaris Komite Rabies Flores dan Lembata dr Asep Purnama, Sp.PD mengatakan bahwa kejadian seperti ini terjadi berulang kali.

“Jadi korban gigitan anjing rabies itu harus langsung disuntikkan VAR setelah digigit anjing rabies sehingga bisa tertolong,” katanya saat dikonfirmasi ANTARA dari Kupang, Jumat (30/9/2022).

Ia menceritakan anak empat tahun tersebut setelah digigit anjing hanya dirawat begitu saja di Puskesmas Riung di Desa Benteng Tengah, Kecamatan Riung.

Ia menambahkan minimnya pengetahuan dari orang tua dan masih menganggap biasa gigitan anjing bisa berdampak pada kematian korban gigitan anjing.

Baca juga: Pria Ini Tetap Setia Meski Wajah Pacarnya Cacat Usai Digigit Anjing 800 Kali

Dalam beberapa kasus yang terjadi di Pulau Flores, Asep yang juga pemerhati masalah rabies itu mengatakan bahwa kejadian yang dialami bocah empat tahun di Kabupaten Ngada itu juga terjadi di berbagai kabupaten di Pulau Flores.

Selama September 2022 ini saja ada tiga kasus yang terjadi, yakni di Kabupaten Flores Timur, serta di Kabupaten Nagekeo termasuk dengan yang di kabupaten Ngada.

“Hal ini karena bisa jadi pengetahuan keluarga korban soal rabies ini masih minim,” tambah dia.

Dengan banyaknya kasus rabies yang terjadi di pulau Flores dia mengingatkan agar siapapun korban gigitan anjing rabies lainnya, diharapkan mengikuti tata laksana gigitan anjing rabies dengan benar.

Pertama-tama yang dilakukan adalah mencuci luka dengan sabun dengan air mengalir selama 10-15 menit.

Kemudian segera ke fasilitas kesehatan terdekat (Rabies Center) untuk mendapatkan VAR dan atau SAR sesuai indikasi, demikian Asep Purnama.

Artikel Menarik Lainnya


TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US