Psikolog: Hindari Narkoba Dengan Terapkan Pola Hidup Sehat

- Kamis, 25 Juli 2019 | 09:53 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay

Narkoba masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan hingga kini. Terlebih, baru-baru ini banyak artis Indonesia yang tertangkap karena kasus narkoba.

Menanggapi kasus yang sedang marak terjadi, seorang psikolog klinis dan forensik A Kasandra Putranto mengatakan bahwa salah satu cara agar seseorang terhindar dari narkoba ialah dengan menerapkan pola hidup sehat.

-
Instagram/@akasandraputranto

Dilansir dari ANTARA, Kasandara mengatakan bahwa langkah sederhana untuk memulai pola hidup sehat ialah dengan menghindari stres, bijak dalam memilih makanan, berolahraga setiap hari, kurangi konsumsi gula, banyak mengkonsumsi air putih serta tidur yang cukup.

Menurutnya, pengetahuan tentang bahaya narkoba harus ditanamkan kepada anak sejak kecil. Hal ini juga berfungsi untuk melindungi diri dari risiko pergaulan yang toleran terhadap narkoba.

"Melindungi diri dari berbagai potensi risiko pergaulan nilai-nilai yang toleran terhadap narkoba," ungkap Kasandra.

Kasandra mengatakan bahwa upaya lainnya yang bisa dilakukan untuk terhindar dari narkoba ialah dengan meningkatkan resitensi daya tahan.

Tidak hanya artis, menurut Kasandra permasalahan narkoba juga dapat terjadi pada semua kalangan.

"Adiksi bisa terjadi pada siapapun, guru, pejabat, pedagang, polisi, tentara, pengacara, tukang becak sekalipun," jelas Kasandra.

Kasandra menuturkan bahwa penyelesaian masalah narkoba haru dilakukan secara komprehensif, dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat, pendidikan dalam keluarga dan sekolah serta kemampuan dalam mengatasi tekanan.

"Pencegahan lebih kepada aktif menyosialisasikan, mengedukasi masyarakat mengajak pola hidup sehat tanpa narkoba," ungkap Kasandra.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X