Ricuh di Kalbar, Massa Rusak Bangunan hingga Bakar Tempat Ibadah

- Jumat, 3 September 2021 | 16:24 WIB
Rusuh di Kalimantan Barat. (Dok. Istimewa).
Rusuh di Kalimantan Barat. (Dok. Istimewa).

Kericuhan terjadi di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat siang tadi. Sebuah bangunan dirusak hingga dibakar termasuk sebuah masjid.

Insiden ini bermula saat massa mendatangi jemaah Ahmadiyah di desa tersebut usai salat Jumat. Selanjutnya insiden berujung dengan pengerusakan bangunan.

Dari video yang tersebar, terlihat jelas kerusuhan yang terjadi. Massa tampak menghancurkan bangunan disana.

Insiden itu pun dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Pol Donny Charles. Sebanyak ratusan orang merusak bangunan dan melempari masjid dengan batu.

Baca Juga: Sinergi Krakatau International Port dengan Polda Banten Optimalkan Pengamanan Pelabuhan

"Benar terjadi peristiwa itu. Ada bangunan yang dirusak dan dibakar," kata Kombes Donny saat dihubungi, Jumat (3/9/2021).

Donny menyebut bagian yang dibakar yakni di belakang masjid. Masjid sendiri juga rusak karena dilempari batu oleh massa.

"Untuk masjidnya sendiri ada yang rusak karena dilempar sedangkan yang sempat terbakar adalah bangunan di belakang masjid," beber Donny.

Lebih jauh Donny menyebut sudah ada ratusan personel TNI-Polri yang berjaga disana. Beruntung, tidak ada korban jiwa atas insiden ini.

"Tidak ada korban jiwa. Situasi saat ini sudah terkendali, massa sudah kembali," pungkas Donny.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X