Lakukan Revitalisasi Bangunan Sekolah di Jateng, Ganjar Bakal Terapkan Hal Ini

- Rabu, 1 Maret 2023 | 15:04 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok Tim Ganjar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok Tim Ganjar)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus melakukan upaya untuk merevitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di wilayah Jateng. Harapnnya pembangunan ini bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia pun melakukan kolaborasi dengan Konsorsium Pengusaha Peduli Sekolah Vokasi RI. Hasilnya 7 sekolah bakal direvitalisasi melalui kolaborasi itu.

"Kolaborasi yang bagus. Jadi kalau pemerintah sudah terlibat, dunia usaha terlibat, maka kalau kita bisa mendesain bersama, kebutuhan tenaga kerja dari industri bisa kita suplai," ujar Ganjar usai peresmian sebagaimana dalam siaran persnya, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Undang KPK dan Polisi, Ganjar Ingatkan Penerima Berhati-hati Kelola Dana Hibah

Ganjar menjelaskan, ada beberapa SMK di Jawa Tengah yang telah merasakan hasil kerja sama selama periode 2021-2022. 

Program revitalisasi yang diberikan pun dibagi dalam dua bentuk, yakni soft program dan hard program. Untuk hard program, konsorsium pengusaha membantu perbaikan dan penambahan fasilitas sekolah. 

Sedangkan soft program, kerja sama dilakukan dalam bentuk pengembangan guru dan murid dengan kurikulum industri. 

"Bukan SMK yang butuh industri, tetapi industri yang butuh SMK. Maka hari ini ada 9 perusahaan besar yang membantu SMK-SMK yang ada di Jawa Tengah. Alhamdulillah sudah ada 9 yang dibantu dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing," ucap Ganjar.

Adapun perusahaan swasta yang tergabung dalam Konsorsium Pengusaha Peduli Sekolah Vokasi, yakni Bakti Barito, PT Profesional Telekomunikasi Indonesia, PT Indofood, PT Sinarmas, PT Agung Sedayu Group, Wings, Garuda Food, Triputra Group dan First Resources.

Ganjar menegaskan, pihaknya akan terus menggandeng seluruh pihak, termasuk pengusaha lain untuk bekerja sama ihwal pengembangan sekolah dan murid kejuruan di Jawa Tengah.

Baca Juga: PPP Dukung Wacana PAN yang Ingin Duetkan Ganjar dan Erick di Pilpres 2024

Ditargetkan, pada akhir tahun 2024 nanti, jumlah SMK vokasi yang direvitalisasi akan terus bertambah hingga 16 sekolah, dan tersebar secara merata di seluruh Jawa Tengah.

Dengan demikian, kualitas lulusan sekolah kejuruan dan  SDM di Jawa Tengah akan terus meningkat dan mampu bersaing tak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri.

"Sekarang akan kita propose lagi sekolah-sekolah yang lain agar fasilitas sekolahnya lebih bagus dan kita ingin mengundang siswa-siswa, maaf, dari keluarga miskin aksesnya lebih banyak lagi," ungkap Ganjar.
 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X