Pawai Budaya Ramaikan Pendaftaran Bacaleg PDIP Kota Batam ke KPU

- Sabtu, 13 Mei 2023 | 15:44 WIB
Pawai budaya meramaikan pendaftaran Bacaleg PDIP Kota Batam di ke KPU. (Z Creators/Habibi)
Pawai budaya meramaikan pendaftaran Bacaleg PDIP Kota Batam di ke KPU. (Z Creators/Habibi)

Pawai budaya ikut meramaikan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam di Sekupang, Kamis, (11/5/2023).

Beragam atraksi ditampilkan, dengan puluhan Bacaleg melakukan long march dari Pelabuhan Internasional Sekupang menuju kantor KPU Kota Batam. Kedatangan mereka diiringi musik-musik tradisional, pakaian adat, tabuhan gendang kesenian tradisional hingga barongsai.

Beberapa Bacaleg PDIP Perjuangan Kota Batam terlihat larut dan turut berjoget, mengikuti iringan musik kesenian dan budaya tradisional Indonesia tersebut.

Ketua DPC PDI-P Kota Batam Nuryanto mengatakan, pawai budaya ini merupakan wujud Bhinneka Tunggal Ika, karena Bacaleg PDI-P berasal dari beragam suku yang berbeda di Indonesia.

Baca Juga: Daftar ke KPU, Gibran Minta Bacaleg PDIP Perbanyak Gerakan di Medsos

"Jadi pawai budaya ini mengawal pendaftaran Bacaleg PDI-P, ke KPU Batam. Ini luar biasa," kata Nuryanto.

Pada kesempatan tersebut, Nuryanto menyebut penyerahan nama-nama Bacaleg PDIP ke KPU ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.  

-
Pawai budaya meramaikan pendaftaran Bacaleg PDIP Kota Batam di ke KPU. (Z Creators/Habibi)

"Penyerahan berkas bacaleg PDI-P Kota Batam ini, sesuai instruksi DPP. Di mana pendaftaran nama-nama bacaleg baik tingkat kabupaten, kota, dan provinsi, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia," ucapnya.

PDI-P, katanya, telah mempersiapkan para calegnya dengan matang, termasuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023.

Baca Juga: PDIP Daftar Caleg 2023, Ada Nama Puan Maharani dan Yasonna Laoly

"Alhamdulillah, seluruh penyerahan berkas persyaratan administratif para Bacaleg ini telah lengkap dan diterima oleh KPU Batam," ulasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batam Martius menambahkan, PDI Perjuangan Kota Batam menjadi parpol pertama yang melakukan penyerahan berkas Caleg di KPU Kota Batam.

"PDIP jadi partai pertama yang mendaftarkan Bacaleg di Kota Batam. Dan setidaknya ada beberapa dokumen yang akan diperiksa dan diversifikasi oleh KPU Kota Batam. Dan nantinya disesuaikan antara Hard Copy dengan di sistem Silom," terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X