Kloter Terakhir Calon Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci

- Sabtu, 24 Juni 2023 | 18:18 WIB
Kloter terakhir rombongan haji Indonesia tiba di Tanah Suci Mekah. ((ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Kloter terakhir rombongan haji Indonesia tiba di Tanah Suci Mekah. ((ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Rombongan terakhir calon jemaah haji asal Indonesia, sudah tiba di Tanah Suci. Kloter 34 Embarkasi Batam (BTH-34) itu tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di Kota Jeddah, Sabtu (24/6/2023) pukul 03.46 waktu Arab Saudi.

"Kami menyambut jamaah kloter terakhir dari Batam, sebanyak 165 (anggota) jemaah. Alhamdulillah tiba dengan selamat," kata Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono, dikutip dari Antara.

Setelah mendarat di Jeddah, para jemaah haji itu langsung menaiki bus menuju ke tempat penginapan di Kota Makkah. Mereka mendapat jatah tempat penginapan di Sektor 4 Kota Makkah.

Baca Juga: Cerita Haru Dea, Jemaah Haji Termuda Sulsel Asal Wajo Gantikan Ibu yang Wafat

Setelah sampai di Makkah, jemaah akan menunaikan ibadah umrah dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Kepala Sektor 4 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah Haris Fadillah mengatakan, jemaah akan melaksanakan umrah wajib setelah beristirahat di penginapan.

"Kalau sudah pulih dan fresh (segar), baru berangkat umrah wajib, biar kondisinya terjaga," kata Haris.

Baca Juga: Jemaah Haji Usia 95 Tahun Ini Minta Turun dari Pesawat karena Lupa Belum Kasih Makan Ayam

Sementara itu, Ketua Kloter BTH-34 Muhsin mengatakan, anggota rombongannya tiba di Tanah Suci dalam keadaan sudah berihram untuk melaksanakan ibadah umrah.

Dia menambahkan, dalam rombongannya ada satu orang yang sudah berusia 80 tahun dan tiga orang pengguna kursi roda.

Hingga hari terakhir kedatangan jamaah Indonesia di Arab Saudi, sebanyak 558 kloter yang meliputi 209.782 calon haji reguler tercatat sudah tiba di Tanah Suci.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X