Zulkifli Hasan: 'Jual Surga Neraka' Sudah Tak Relevan Lagi di Politik

- Senin, 9 Desember 2019 | 10:46 WIB
Instagram/@zul.hasan
Instagram/@zul.hasan

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai 'jualan surga neraka' yang diterapkan ketika Pemilu Presiden 2019 tidak relevan lagi. Menurut politisi PAN itu, masyarakat lebih membutuhkan kebijakan yang berdampak luas.

"Belajar dari Pemilu Presiden 2019 yang sudah usai, ternyata publik tidak lagi membutuhkan jargon-jargon, tapi apa yang akan berdampak bagi kehidupan mereka," ujar Zulkifli.

-
Instagram/@zul.hasan

Hal tersebut disampaikan oleh Zulkifli pada saat penutupan Silaknas dan Milad Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dengan tema Penguatan Nasionalisme dan Pengembangan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045.

-
Antara/Reno Esnir

Zulkifli mengungkapkan saat delapan bulan berkampanye dengan menjual isu agama dalam arti positif, ternyata publik lebih butuh kebijakan yang dampaknya bisa dirasakan langsung.

"Buktinya ketika menjual isu penista agama tidak seiring dengan hasil pemilu, perolehan suara partai saya PAN malah di urutan ke delapan," ujar Zulkifli.

Ia juga mengatakan, untuk pertama kali dalam sejarah di Indonesia pada 2019 pelaksanaan pemilu legislatif bersamaan dengan pemilu presiden.

"Ada banyak pelajaran penting dan hebatnya perjuangan yang begitu heroik dengan menjual isu agama, akhirnya capres yang satu sekarang sudah menjadi Menteri Pertahanan, itulah politik yang harus diambil pelajaran karena akhirnya adalah kepentingan," ujar Zulkifli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X