PAN Komentari Kesiapan Ganjar Nyapres di 2024

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 18:32 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (INDOZONE/Harits Tryan)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (INDOZONE/Harits Tryan)

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menilai kesiapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk jadi Capres 2024 bakal menambah calon alternatif pilihan masyarakat.

“Hal ini akan mewarnai mozaik pilpres, semakin banyak calon akan semakin banyak alternatif pilihan masyarakat dalam menentukan pimpinan nasional,” kata Viva kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Viva mengakui bahwa Ganjar adalah salah satu figur yang diusulkan menjadi calon presiden dalam rapat kerja nasional (Rakernas) PAN tahun 2022.

BACA JUGA: Menakar Peluang KIB Usung Ganjar-Airlangga sebagai Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Di mana melalui proses penjaringan aspirasi yang dilakukan oleh pengurus di tingkat daerah dan provinsi, kemudian diputuskan dalam ajang Rakernas.

“Proses pencalonan Mas Ganjar mulai dari bawah, berdasarkan penjaringan aspirasi yang dilakukan pengurus di tingkat daerah dan provinsi. Lalu diputuskan di Rakernas,” urai Viva.

Kemudian Viva mengungkapkan bahwa PAN akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas)  guna membahas siapa sosok capres yang diajukan ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Setelah ini PAN akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk membahas siapa yang akan diusulkan ke KIB,” bebernya.

BACA JUGA: Jika PDIP Gabung di KIB, Ganjar-Airlangga Berpotensi Dipasangkan?

Lebih jauh Viva menekankan bilamana  PAN telah berkoalisi dengan Golkar dan PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Nanti penentuan paslon dari KIB akan diputuskan secara musyawarah mufakat, tidak voting.

“KIB memprioritaskan calon dari internal sendiri. Di PAN ada Bang Zulkifli Hasan, di Golkar ada Pak Airlangga Hartarto, dan di PPP ada Pak Mardiono. KIB juga memonitor figur dari luar KIB. Nanti kita lihat bagaimana dinamika politik selanjutnya,” tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X