Jelang Akhir Masa Jabatan Anies Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 14:15 WIB
Anies Baswedan saat meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa (INDOZONE/Febyora Dwi)
Anies Baswedan saat meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa (INDOZONE/Febyora Dwi)

Menjelang berakhirnya masa Jabatan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa yang terletak di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

"Alhamdullilah mari kita mulai dengan bersyukur, sebuah rencana panjang bisa kita tuntaskan pada pagi hari ini," ujar Anies

Taman yang diresmikan Anies ini berbentuk galeri kecil, yang saat ini baru diisi 15 nama tokoh-tokoh. Oleh karena itu Anies berharap nantinya akan diisi dengan nama tokoh-tokoh lainnya.

"Jadi terima kasih bang JJ Rizal dan kami berharap isi dari galeri ini bisa di lengkapi, sekarang baru diisi 15 nama," ujar Anies

Selain itu menurut Anies, banyak sekali tokoh-tokoh yang dimakamkan di TPU Karet Bivak, namun sebagian nama memang tidak pernah diapresiasi sebagai ‘pahlawan.’

"Sebagian nama yang muncul itu memang tidak pernah diapresiasi sebagai "pahlawan" seperti di sini ada Iswadi Idris, bintang film A Rafiq juga ada di sini," sambung Anies.

Baca Juga: 5 Tahun Kinerja Anies Baswedan, PDIP: Gubernur 0 Persen, Cuma Indah di Kata-kata

Sebelumnya, sejarawan JJ Rizal ditugaskan Pemprov DKI Jakarta untuk memverifikasi tokoh-tokoh yang dimakamkan di TPU Karet Bivak, untuk dicantumkan di dalam galeri.

"Saya dapat tugas ini hampir 8 bulan. Saya menemukan sekitar 40 tokoh yang memainkan peranan penting, ada fotografer, jago silat dan negarawan besar, jadi ini makam yang kompleks yang bener bener bisa menjelaskan sejarah," ujar JJ Rizal.

Baca Juga: Soal Relokasi Warga Kampung Bambu yang Rumahnya Dibongkar Dekat JIS, Anies: Tanya KAI Saja

Pada bagian dalam galeri terdapat 20 monitor yang terdiri dari 15 monitor untuk mendeskripsikan tokoh-tokoh bangsa dan sembilan monitor untuk komersial dan informasi umum.

Selain itu papan deskripsi dilengkapi dengan QR Code yang mengarahkan pengunjung ke laman website dari Taman Makam Tokoh Bangsa.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X