Aksi Teroris Taufik Bulaga di Poso: 92 Orang Luka, 27 Tewas

- Selasa, 1 Desember 2020 | 15:36 WIB
Sosok teroris Taufik Bulaga di Poso. (Istimewa).
Sosok teroris Taufik Bulaga di Poso. (Istimewa).

DPO teroris belasan tahun, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga (UL) ternyata memiliki track record yang cukup sadis. Khusus di wilayah Poso sendiri, UL pernah melancarkan aksi teroris hingga mengakibatkan banyak korban luka hingga puluhan korban jiwa.

"Tindak pidana terorisme yang dilakukan oleh UL selama berada di Poso telah mengakibatkan 27 orang saudara-saudara kita Meninggal Dunia," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono kepada wartawan, Selasa (1/12/2020)

Selain 27 korban jiwa, sebanyak puluhan masyarakat mengalami luka-luka. Tercatat ada sebanyak 92 korban luka-luka.

Baca Juga: Kasus Hajatan Rizieq Shihab, Polisi Tengah Periksa Biro Hukum Pemprov DKI

"Ada 92 orang mengalami luka-luka," beber Awi.

Sekedar informasi, nama Taufik Bulaga merupakan nama lama yang sudah diburu oleh Densus 88 sejak 14 tahun lamanya. Taufik memiliki keahlian merakit bom bahkan bom rakitannya diduga pernah digunakan dalam kasus teror di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton.

Dia berhasil ditangkap Densus 88 AT di Lampung pada November ini. Dari penangkapan itu, Polri menyita sejumlah barang bukti.

Usut demi usut ternyata Taufik Bulaga merupakan aset berharga dari jaringan teroris JI. Sebab, dia memiliki kemampuan membuat bom dengan kekuatan tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X