The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Angkat Bicara soal Rumah Sehat untuk Jakarta, Dinkes DKI Pastikan Nama RSUD Tetap Ada
Rumah Sehat untuk Jakarta (Dok. Pemprov DKI)
News

Angkat Bicara soal Rumah Sehat untuk Jakarta, Dinkes DKI Pastikan Nama RSUD Tetap Ada

Jumat, 05 Agustus 2022 13:50 WIB 05 Agustus 2022, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memberikan penjelasan terkait perubahan istilah dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat Untuk Jakarta yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia menjelaskan meski ada penjenemaan pada 31 rumah sakit milik pemerintah ini, namun ia memastikan penamaan RSUD tetap ada.

"Yang 31 rumah sehat untuk jakarta itu akan tetap demikian selama ini. Jadi, penyebutannya lengkap. Contohnya, Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Tarakan, dan lain-lain," ucap Dwi saat dihubungi, Jumat, (5/8/2022).

Sesuai dengan penjelasan Anies, ia memaparkan, penjenemaan rumah sehat bertujuan mengedepankan unsur preventif promotif kesehatan. Dengan begitu, diharapkan masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi terkait kesehatannya.

"Artinya, sehat itu bisa diupayakan sejak sejak sehat untuk tetap sehat atau semakin meningkat tingkat kesehatannya," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies mengatakan, rumah sakit selama ini berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif. Sehingga, hanya orang-orang yang sedang sakit yang kemudian datang ke rumah sakit untuk sembuh. 

“Sehingga tempat ini menjadi tempat orang sakit,” ucap Anies di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022). 

Dengan penjenamaan ‘Rumah Sakit’ menjadi ‘Rumah Sehat’ ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap layanan atau fasilitas kesehatan di Jakarta ditambahkan aspek promotif dan preventif. 

“Jadi datang ke rumah sehat untuk menjadi sehat dan lebih sehat. Dari mulai melakukan medical check up sampai persoalan gizi dan lain-lain,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mochamad Rezhatama Herdanu
Indozone
Sarah Hutagaol
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US