The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jemaah Haji Tahun Ini Dibatasi, Pimpinan DPR Hormati Keputusan Arab Saudi
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Instagram/@sufmi_dasco)
News

Jemaah Haji Tahun Ini Dibatasi, Pimpinan DPR Hormati Keputusan Arab Saudi

Dibatasi 60 ribu jemaah.

Senin, 14 Juni 2021 11:49 WIB 14 Juni 2021, 11:49 WIB

INDOZONE.ID - Arab Saudi memutuskan akan membatasi pendaftaran haji tahun ini untuk warga dan penduduknya, sehubungan dengan pandemi virus Covid-19. Hanya akan ada 60.000 jemaah yang diperbolehkan menjalani ibadah haji.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai keputusan pemerintah Arab Saudi harus dihormati. Pasalnya keputusan tersebut adalah hak dari pemerintah Arab Saudi dan sudah diperhitungkan secara matang.

"Saya pikir keputusan pemerintah Arab Saudi itu adalah hak pemerintah Arab Saudi. Dan mungkin itu sudah diperhitungkan dengan matang di masa pandemi ini demi keselamatan baik penduduk Arab Saudi maupun calon jemaah haji yang tadinya mungkin akan diselenggarakan ibadah hajinya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Dasco melihat pandemi Covid-19 yang belum juga mereda jadi pertimbangan pemerintah Arab Saudi tidak membuka kuota haji kepada negara luar, kecuali bagi mereka yang sudah di dalam.

Baca Juga: Ibadah Haji Dibatalkan, UAH Minta Pemerintah Jelaskan Secara Rinci dan Utuh ke Umat Muslim
 
Kemudian, kata Dasco, tidak diberikannya kuota haji diharapkan dapat mengakhiri spekulasi yang berkembang di masyarakat perihal ibadah Haji.

"Sehingga saya harap sekulasi apapun yg berkembang di masyarakat tentang masalah haji ini agar diakhiri,  mari kita sama sama konsentrasi dalam menghadapi Covid-19," tandas Dasco.

Diketahui sebelumnya, Arab Saudi memutuskan akan membatasi pendaftaran haji tahun ini untuk warga dan penduduknya, sehubungan dengan pandemi virus COVID-19.

Kementerian Kesehatan dan Haji mengumumkan pada Sabtu bahwa total 60.000 umat akan diizinkan untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Pemerintah Saudi menekankan bahwa mereka yang ingin melakukan haji harus bebas dari penyakit kronis apa pun, dan berusia antara 18 hingga 65 tahun bagi mereka yang telah divaksin COVID-19 sesuai dengan langkah-langkah vaksinasi kerajaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US