6 Ribu Titik Panas Terdeteksi di Seluruh Wilayah Asia Tenggara

- Kamis, 12 September 2019 | 11:48 WIB
Titik panas. (Screenshot/BMKG)
Titik panas. (Screenshot/BMKG)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi setidaknya terdapat 6.255 titik panas di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Jumlah titik panas itu berdasarkan hasil pemantauan citra Satelit Terra, Aqua, Suomi-NPP, NOAA-20 dan Satelit Himawari-8 (JMA) selama kurun 1 hingga 10 September 2019.

Lokasi titik panas yang berada di wilayah Indonesia meliputi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sedangkan titik panas yang terdeteksi di Malaysia meliputi Semenanjung Malaysia dan Serawak. Di Semenanjung Malaysia, terdapat banyak titik-titik panas lokal. Lalu, Thailand, Filipina, Papua Nugini, Vietnam, dan Timor Leste juga tercatat memiliki titik panas.

BMKG meminta masyarakat untuk terus mewaspadai sebaran asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Indonesia khususnya Sumatera dan Kalimantan.

BMKG juga memprediksi potensi terjadinya titik panas dan asap masih dapat berlangsung hingga pertengahan Oktober 2019. Hal itu seiring dengan masih berlangsungnya periode musim kemarau di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X