Ini Judul Makalah yang Diserahkan Calon Kapolri Listyo Sigit ke Komisi III DPR

- Selasa, 19 Januari 2021 | 16:58 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani memperlihatkan judul makalah milik Listyo Sigit. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani memperlihatkan judul makalah milik Listyo Sigit. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo telah menyerahkan makalah kepada Komisi III DPR RI. Penyerahan makalah tersebut sebagai bentuk proses dari uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test.

Penyerahan makalah kepada Komisi III DPR RI diwakilkan oleh Kadiv Propam Irjen Pol Ferdi Sambo, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta.

Setelah penyerahan makalah, salah satu anggota Komisi III DPR Arsul Sani turut memperlihatkan judul dari makalah yang diberikan oleh Listyo Sigit.

Adapun bentuk makalah milik Listyo yang dibungkus di dalam kotak. Saat diperlihatkan tampak judul makalah milik Listyo, yaitu Transformasi menuju polri yang PRESISI. Adapun kepanjangan PRESISI adalah Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Keadilan.

Baca Juga: Lift di Gedung DPR Macet, Anggota DPR Ini Sempat Terjebak

Disinggung mengenai isi dari makalah tersebut, Arsul menyampaikan bahwa dirinya belum membaca. Begitu juga berapa tebal halaman dari makalah tersebut.

"Belum lah, ini belum dibuka," tutur Arsul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun pekan lalu sudah menyerahkan nama calon tunggal Kapolri kepada DPR RI. Calon tunggal itu ialah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Komjen Listyo bakal menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri. Jenderal Idham diketahui saat ini sudah memasuki masa pensiun.

Pasca menjadi calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo bakal menjalani uji kelayakan atau kepatuhan atau fit and proper test oleh Komisi III DPR RI. Uji kelayakan itu bakal berlangsung pada Rabu, 20 Januari 2021 mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:


 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X