Joe Biden Persiapkan Tim Ekonomi, Diprediksi akan Tunjuk Beberapa Ekonom Senior 

- Senin, 30 November 2020 | 14:52 WIB
Joe Biden menang dalam Pilpres Amerika Serikat. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Joe Biden menang dalam Pilpres Amerika Serikat. (REUTERS/Kevin Lamarque)

Presiden terpilih Joe Biden tengah mempersiapkan tim ekonomi dalam  masa transisinya. Ia diprediksi akan menunjuk beberapa nama ekonom senior dari era saat dirinya menjadi wakil presiden Barack Obama.

Melansir Reuters, salah satu yang kemungkinan akan direkrut adalah mantan penasihat pemerintahan Obama, Neera Tanden, selaku direktur kantor anggaran Gedung Putih dan ekonom Cecilia Rouse selaku ketua Dewan Penasihat Ekonomi. Kabar ini mencuat melalui seseorang yang mengetahui proses tersebut pada Senin (30/11/2020).

Menurut sumber yang tak disebutkan namanya tersebut, Biden juga diperkirakan akan memilih Wally Adeyemo, yang merupakan penasihat ekonomi internasional senior di bawah Presiden Barack Obama, untuk menjabat sebagai deputi tertinggi Janet Yellen di Departemen Keuangan. Selain itu, Ekonom Jared Bernstein dan Heather Boushey diprediksi ditunjuk sebagai anggota Dewan Penasihat Ekonomi.

Sementara itu dari laporan New York Times, Presiden dari Partai Demokrat itu juga akan memilih Brian Deese, penasihat lain di bawah Obama, untuk memimpin Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih.

Baca Juga: Joe Biden Gandeng Mantan Menlu Era Obama, Indikasi Terbentuknya Kabinet Baru

Namun sampai saat ini tim transisi Biden menolak berkomentar. Sementara Tanden, Rouse, Adeyemo, Bernstein, Boushey dan Deese tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Persis seperti 2009 bersama Obama, yang wapresnya dijabat Biden, pemerintahan mendatang pada 20 Januari mewarisi ekonomi yang berjuang menghadapi tantangan serius dalam jangka pendek.

Tapi kali ini, pukulan ekonomi yang didera oleh pandemi virus corona memperlihatkan kekayaan mencolok dan kesenjangan rasial. Kelompok progresif ingin tim Biden mengatasi kesenjangan rasial itu dengan cepat. Mereka sangat bersandar padanya untuk menghindari pelobi perusahaan dan memprioritaskan pilihan yang beragam.

"Pilihan ekonomi sejauh ini mewakili "keragaman yang luas, keahlian yang mendalam, pengalaman panjang Washington," kata Matt Bennett, salah satu pendiri Third Way, lembaga konsultan politik Demokrat kubu sentris.

"Kembali ke kompetensi dan kewarasan. Mereka "tidak terlalu ideologis," katanya.

Penunjukan Tanden, yang mengepalai Center for American Progress, pusat pemikiran yang condong ke kiri, mungkin akan menuai kritik dari kelompok kiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X