Massa Demo Omnibus Law Diduga Difasilitasi, Adian Napitupulu: Terlalu Dini Menyimpulkan

- Jumat, 9 Oktober 2020 | 18:49 WIB
Adian Napitupulu jengung massa pendemo yang diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Adian Napitupulu jengung massa pendemo yang diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Politisi PDIP sekaligus anggota Komisi VII Adian Napitupulu mengomentari ucapan Polda Metro Jaya yang menyebut sejumlah massa pendemo yang merusuh di Jakarta ditunggangi atau difasilitasi. Menurut Adian, Polda Metro Jaya terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut.

"Saya tidak mau menyimpulkan dulu ada penunggang, ada penumpang dan sebagainya. Terlalu dini menurut saya ya," kata Adian di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Adian menyebut statement itu hanya menjadi beban dari pihak kepolisian karena pihak itu lah yang memberikan statement tersebut. Menurutnya statement tersebut hanya menjadi beban, untuk itu pihak kepolisian harus membuktikan ucapan tersebut.

"Ya menurut saya menjadi beban bagi yang menuduh ditunggangi untuk membuktikan penunggangnya ada, ya dibuktikan saja. Kalau saya menganggap bahwa terlalu cepat kita simpulkan," beber Adian.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya sempat mengamankan 1.000 lebih massa aksi terkait demo Omnibus Law kemarin. Dari hasil introgasi polisi menyebutkan jika sejumlah massa tidak mengetahui tujuan aksi unjuk rasa.

Bahkan polisi menyebut ada sejumlah massa yang difasilitasi untuk merapat ke Jakarta dan melakukan kerusuhan. Alat transportasi, makanan hingga uang disebut-sebut disiapkan oleh fasilitator tersebut.

Artikel Menarik Lainnya

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X