Wiranto Sebut Bantuan Untuk Pengungsi Ambon Terus Berdatangan

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 18:09 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
(photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, & Keamanan Wiranto menyebut, pemerintah Indonesia terus menambah bantuan untuk pengungsi korban gempa bumi di Ambon, Maluku.

"Hasil koordinasi dari para menteri dan kepala lembaga maka sudah dapat dikirimkan bantuan dari pusat, dari BNPB berupa dana segar Rp1 miliar lebih," katanya, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat.

Wiranto menambahkan, kebutuhan pengungsi juga terus ditambah seperti tenda, selimut, pakaian, generator set (genset), dan tenda untuk ke rumah sakit.

Wiranto mengatakan Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik berupa beras dan kebutuhan pangan lainnya untuk para pengungsi.

"(Kemensos) Juga sudah menyampaikan bantuan untuk yang meninggal 30 orang, dikali Rp15 juta," katanya.

Dari laporan yang telah diterimanya, terdapat sejumlah warga yang tinggal di hutan dan gunung lantaran takut dengan gempa susulan dan tsunami.

Padahal, Wiranto menjelaskan laporan lembaga resmi terkait antisipasi gempa bumi dan tsunami menyebutkan tidak ada informasi mengenai terjadinya hal itu.

"Kewajiban kita, pemerintah daerah untuk memberikan sosialisasi penjelasan kepada masyarakat untuk bisa kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Wiranto menuturkan, warga yang mengungsi ke hutan dan gunung bisa terdampak penyakit menular dan bahkan persoalan sanitasi.

"Memang kondisi gempa di Maluku cukup tersebar. Bila kita bandingkan dengan gempa Palu misalnya, terjadi hanya di beberapa titik," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X