Pascarusuh Jayapura, Menkopolhukam Jelaskan Kondisi Terkini Papua

- Jumat, 30 Agustus 2019 | 15:25 WIB
Menkopolhukam Wiranto menjelaskan kondisi terkini Papua, Jayapura (Antara/Aprillio Akbar).
Menkopolhukam Wiranto menjelaskan kondisi terkini Papua, Jayapura (Antara/Aprillio Akbar).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, menjelaskan kondisi terkini Papua setelah aksi unjuk rasa berujung kerusuhan di Jayapura, Kamis (29/8). 

Wiranto telah berkoordiasi dengan Pangdam dan Kapolda, dari Papua dan Papua Barat. Saat ini aparat keamanan masih berdisuksi dengan sejumlah tokoh masyarakat setempat untuk meredam situasi. 

Pemerintah kemudian menambah jumlah pasukan untuk mengawal situasi. Langkah itu diambil untuk menjaga infrastruktur agar tidak dirusak oknum yang tidak bertangung jawab. 

"Papua sedang berlangsung negosiasi. Kami menambah pasukan ke sana, bukan untuk melawan rakyat. Namun, untuk mengamankan objek-objek vital. Mari kita doakan keadaan yang panas ini segera berlalu," kata Wiranto di Jakarta, Jumat (30/8). 

Wiranto pun mendapat bocoran bakal ada demo susulan di sejumlah wilayah Papua Barat. Namun, hingga saat ini situasi masih kondusif. 

"Sorong, Manokwari, Fakfak, sudah tenang walaupun ada rencana demo susulan. Mudah-mudah tidak jadi. Saya tegaskan yang penting berdialog saja," lanjut Wiranto. 

Sebelumnya, unjuk rasa kembali terjadi di sejumlah titik di Jayapura, Papua. Bahkan, Kantor Majelis Rakyat Papua di Kotaraja, Distrik Abepura, dibakar massa ketika melakukan aksi demo. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X